Anies: Pilpres Bukan Hanya Memilih Orang untuk Dipajang Fotonya

Ade Rosman
3 Februari 2024, 09:15
anies, anies baswaden,
ANTARA FOTO/Khalis Surry/foc.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa pendukungnya saat kampanye akbar di pelataran parkir Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (27/1/2024). Anies mengajak warga Tanah Rencong untuk mendukung dan memenangkan pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang menggelorakan semangat perubahan untuk terwujudnya Indonesia adil dan makmur pada Pilpres 2024.
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan, pemilihan presiden bukan hanya memilih orang untuk dipajang fotonya. Ia menegaskan, kandidat terpilih akan memiliki kewenangan besar untuk mengambil keputusan atas nama rakyat dan negara. 

"Karena republik ini Februari besok, 13 hari dari sekarang, akan memilih orang untuk diberikan kewenangan. Bukan memilih orang untuk dipajang fotonya di ruang kelas dan gedung-gedung, kantor-kantor pemerintahan,"  ujar Anies saat menghadiri acara Sarasehan DPD RI Bersama Calon Presiden 2024, Jumat (2/2).

Berdasarkan hal itu, Anies menilai pentingnya forum-forum debat ataupun diskusi agar masyarakat dapat mengetahui dan menilai kapasitas calon. "Minimal dialog ini kita tahu apa pikirannya, apa rencananya, apa rekam jejaknya. Dan ini cara yang terhormat" kata Anies.

Dalam acara dialog yang digelar DPD tersebut, di antara tiga kandidat calon presiden hanya Anies yang hadir. Sementara dua calon lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo absen. 

Menurut lembaga analisis media sosial Drone Emprit, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, paling banyak dibicarakan warganet di Twitter/X usai Debat Pilpres 2024 seri ketiga sampai H+1.

Drone Emprit menghimpun data percakapan ini mulai 7 Januari 2024 pukul 22.00 WIB, sampai 8 Januari 2024 pukul 23.59 WIB. Dalam kurun waktu tersebut, Anies di-mention sebanyak 429.301 kali oleh pengguna Twitter.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...