Jokowi Jelaskan Alasan Perpanjang Bansos Beras Hingga Juni

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Februari 2024, 11:33
jokowi, beras, bansos
ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko/agr/aww.
Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga saat mengunjungi gudang Bulog DIY di Kalasan, Sleman, D. I Yogyakarta, Senin (29/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguraikan alasan pemerintah untuk melanjutkan penyaluran bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) per bulan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat sepanjang semester pertama 2024. 

Jokowi mengatakan pemberian bantuan pangan beras 10 kg bertujuan untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat di tengah melonjaknya harga pangan. 

Dia mengatakan kenaikan harga pangan saat ini dipicu oleh merosotnya pasokan pangan akibat perubahan iklim dan gagal panen. Produksi beras yang merosot membuat harga meningkat.

"Bantuan beras ini agar meringankan ibu dan bapak semuanya karena harganya naik tadi," kata Jokowi saat menghadiri penyerahan bantuan pangan beras di Gedung Kawasan Pertanian Terpadu Kota Tangerang Selatan pada Senin (19/2). 

Pada forum tersebut, Jokowi berencana memperpanjang penyaluran bantuan pangan beras 10 kg hingga kuartal III tahun ini. Jokowi mengatakan distribusi  bansos tersebut dapat diperpanjang jika anggaran mencukupi.

"Setelah Juni kita lihat APBN-nya mencukupi atau tidak. Jika mencukupi maka kita lanjutkan," ujar Jokowi. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...