Kubu Prabowo Tak Gentar Hak Angket, Nilai Parpol Pengusul Tidak Kompak

Ade Rosman
27 Februari 2024, 15:55
hak angket, prabowo, ganjar
Kemenkumham.go.id
Sidang DPR
Button AI Summarize

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menilai sejumlah partai politik yang mendukung usulan hak angket DPR mengenai dugaan kecurangan Pemilu tak kompak.

Ace optimistis partai politik dan para ketua umumnya akan bersikap objektif dan tahu bagaimana menempatkan hak angket tersebut.

"Saya kira demikian (parpol pengusul hak angket tak kompak), ya kita lihat saja," kata Ace kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2).

Menurutnya, hak angket tidak relevan bila digulirkan untuk dugaan kecurangan Pemilu. Upaya yang menurutnya dapat dilakukan berkaitan dengan dugaan kecurangan Pemilu yakni dengan menyerahkannya pada Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sekali lagi hasil pemilu tidak bisa diintervensi oleh kekuatan politik, karena apa? karena hasil pemilu sesungguhnya keinginan rakyat," katanya. 

Hak angket DPR sebelumnya diusulkan oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyebut hak angket merupakan hak penyelidikan DPR dan salah satu upaya untuk meminta pertanggungjawaban penyelenggara pemilu.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...