Top News: Prabowo Dapat Pangkat Jenderal, Isu 4 Nama Calon Menkeu

Aryo Widhy Wicaksono
29 Februari 2024, 05:30
Presiden Joko Widodo (kiri) menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dengan kenaikan pangkat ini, Prabowo yang mengakhiri masa tugas militernya pada 1998 dengan pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga, berhak menjadi Jenderal atau bintang empat.

Seremoni penyematan pangkat Jenderal Kehormatan itu digelar di di GOR Ahmad Yani Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/2).

Penyematan gelar Jenderal Kehormatan untuk Prabowo menjadi salah satu artikel terpopuler, dan merupakan bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain tentang pangkat baru Prabowo, simak juga isu mengenai 4 nama kandidat kuat menteri keuangan pemerintahan Prabowo.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi Angkat Prabowo jadi Jenderal Kehormatan Bintang 4

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan (HOR) bagi Menteri Pertahanan yang juga calon presiden Prabowo Subianto di GOR Ahmad Yani Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/2).

Dengan pengangkatan pangkat ini, Prabowo yang mengakhiri masa tugas militernya pada 1998 dengan pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga akan naik menjadi Jenderal penuh atau bintang empat.

Kenaikan pangkat dengan menambahkan bintang tanda kehormatan istimewa diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Seremoni penyematan pangkat Jenderal Kehormatan itu dimulai pada pukul 09.00. Jokowi dan Prabowo hadir di lokasi sekira pukul 08.45 secara bersamaan.

Adapun pemberian kenaikan pangkat secara istimewa kepada Prabowo mengacu pada surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

2. Jejak Karir Prabowo di TNI, Diberhentikan Habibie hingga Jadi Jenderal

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari ini mendapat gelar Jenderal Kehormatan (HOR) dari Presiden Joko Widodo. Pemberian gelar Jenderal digelar dalam rapat pimpinan TNI - Polri di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta (28/2).

Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan gelar ini didapatkan Prabowo karena kontribusi di dunia militer. Gelar itu membuat Prabowo tak yang tadinya jenderal bintang tiga kemudian naik menjadi bintang empat.

“Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan jenderal penuh.” kata Dahnil.

Karier militer Prabowo di TNI punya cerita tersendiri. Ia dipercaya masuk dalam pasukan khusus begitu lulus dari ABRI.

Namanya juga tercatat dalam berbagai operasi militer besar. Namun di akhir kariernya ia tersangkut kasus sehingga diberhentikan dari kesatuan TNI oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...