Mahfud: Persiapan Hak Angket Serius, Naskah Akademiknya 75 Halaman

Yuliawati
Oleh Yuliawati
8 Maret 2024, 19:40
Calon Wakil Presiden Mahfud MD
Antara
Calon Wakil Presiden Mahfud MD
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD masih terus berkomunikasi dengan berbagai pihak membahas kecurangan Pemilu 2024 termasuk hak angket. Keduanya juga sempat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati.

Dari pertemuan itu, mereka sepakat untuk menempuh dua jalur untuk mengatasi masalah kecurangan yakni lewat jalur politik dan hukum. Ganjar yang akan mengkoordinir lewat jalur politik dan Mahfud memimpin jalur hukum. "Saya jalur hukumnya. Kami berbagi tugas tetapi tetap punya kaitan,” kata Mahfud kepada wartawan, Jumat (8/3).

Mahfud mengatakan untuk jalur politik disiapkan rencana mengajukan hak angket kecurangan Pemilu 2024 dengan serius. Naskah akademik hak angket itu sudah disusun.

“Saya membaca bahwa rancangan angket itu serius dan sudah jadi. Saya sudah pegang naskah akademiknya tebal sekali, di atas 75 halaman lah ya yang sudah saya baca itu," kata Mahfud.

Dia menyatakan hak angket bakal berjalan. Dia mengatakan ada nama-nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang akan menjadi inisiator hak angket. "Yang tahu itu partai, saya tak boleh menyebut siapa," kata dia.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, membentuk tim khusus atas permintaan ketua umum PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura, selaku pengusung paslon nomor tiga, Ganjar-Mahfud.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...