Top News: 23 Caleg Artis Lolos DPR, Gunung Lumpur Gempa Bawean

Aryo Widhy Wicaksono
27 Maret 2024, 05:40
Deretan artis melenggang ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2024-2029
Katadata
Deretan artis melenggang ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2024-2029
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pemilu 2024. Hasilnya, 8 dari 18 partai politik perserta Pemilu berhasil lolos ke parlemen, dengan jumlah suara sah mencapai 151 juta.

Di antara calon legislatif yang melenggang ke Senayan, terdapat 23 artis terkenal seperti Once Mekel dan Ahmad Dhani yang berasal dari satu grup band.

Selain itu, ada Rano Karno, Dede Yusuf, dan Primus Yustisio yang sebelumnya pernah menjabat di DPR. Serta pendatang baru di panggung politik, seperti Melly Goeslaw, dan Uya Kuya.

Tren selebritas terpilih dalam pemilu legislatif merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id.

Selain itu, simak juga bagaimana manuver Telkom untuk meraih profit di 2024, serta fenomena kemunculan gunung lumpur usai gempa di Bawean.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Daftar 23 Caleg Artis Lolos DPR, Once - Ahmad Dhani Bertemu di Senayan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil akhir Pemilihan Umum 2024 pada Rabu (20/3) malam. Hasil tersebut diumumkan lewat rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh seluruh perwakilan dari calon presiden dan wakil presiden dan dari partai politik.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pada pemilu legislatif jumlah suara sah mencapai 151.796.631.

Berdasarkan hasil penetapan yang dilakukan KPU, 8 dari 18 partai politik lolos ke senayan lantaran memperoleh suara lebih dari ambang batas parlemen 4 persen. Dalam catatan KPU total suara dalam pemilihan legislatif 2024 sekitar 164 juta.

Merujuk rekapitulasi KPU, komposisi partai politik yang lolos ke parlemen tidak jauh berbeda dengan hasil pemilu 2019. Dari sembilan partai yang saat ini memiliki wakil di DPR, hanya satu partai yang tidak lolos yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Meski begitu, tak semua sosok petahana yang ikut bertarung di pileg 2024 kembali lolos ke Senayan.

Dari deretan 580 caleg yang lolos ke DPR pada pemilu 2024 sejumlah nama beken artis papan atas Tanah Air turun melenggang ke Senayan. Sebagian caleg berlatar belakang artis merupakan petahana yang sudah menjadi anggota DPR pada periode 2019-2024. Namun, tidak sedikit pula nama baru yang muncul dan melenggang ke Senayan.

2. Manuver Telkom soal Target Pendapatan 2024 dan Bocoran Dividen Jumbo

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengakui pendapatan perseroan selama lima tahun terakhir ini low single digit atau berjalan stagnan. Berdasarkan data Bloomberg, sejak 2018 Telkom memang mencatatkan pertumbuhan pendapatan di bawah 5%.

Namun untuk tahun ini, Telkom berani mengejar target pendapatan di atas 5% atau mid single digit.

Manajemen juga mengusulkan dividen yang diberikan untuk tahun buku 2023 akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Dividen kami mengusulkan tidak turun dari tahun lalu. Kami tumbuh 18% labanya, jadi kami usulkan bisa berikan dividen lebih baik lagi,” kata VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko dalam acara buka bersama media, di Jakarta, Senin (25/3).

Telkom akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023 pada 3 Mei 2024 siang. Perusahaan masih mengikuti guideline yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu menjaga dividend payout ratio antara 60% hingga 80%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...