Ahli dari Kubu Anies Sebut Suara Pemilu di Luar Negeri Lebih Murni

Amelia Yesidora
1 April 2024, 12:49
anies
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (ketiga kiri) dan Muhaimin Iskandar (keempat kiri) serta didampingi tim kuasa hukumnya menyampaikan keterangan pers usai sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/3/2024).
Button AI Summarize

Ahli yang dihadirkan kubu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), Vid Adrison, menyatakan pelaksanaan Pemilu 2024 yang murni terlihat dari pelaksanaan pemilu di luar negeri. Ia menyatakan pemilu di dalam negeri dekat dengan kepentingan. 

Pernyataan itu disampaikan Vid mengacu pada siklus anggaran politik alias political budget cycle Indonesia. Ketua Departemen Ekonomi Universitas Indonesia itu  mengatakan biasanya ada peningkatan komposisi belanja untuk perlindungan sosial menjelang Pemilu.

“Singkatnya, akan ada peningkatan spending menjelang pemilu. Itu akan menguat ketika yg naik itu incumbent atau petahana,” ujar Vid dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi, Senin (1/4).

Hakim Arief Hidayat lantas bertanya, apakah suara Pemilu yang murni itu terjadi di luar negeri, terutama di Amerika dan Eropa? Pertanyaan itu ia dasarkan lantaran pemilih luar negeri tidak memperoleh bantuan sosial, relatif lebih kaya, dan pendidikannya lebih baik.

Pertanyaan hakim itu dibenarkan oleh Vid. Dari studi yang dilakukan di berbagai negara, political budget cycles ini memang terjadi di negara maju dan negara berkembang. 

“Tapi magnitude-nya jauh lebih besar di negara berkembang atau negara yang baru melaksanakan demokrasi,” kata Vid. “Kenapa? Karena itu efektif.”

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...