Blusukan ke IKN, Jokowi Perkenalkan Plt Kepala OIKN Basuki ke Investor

Amelia Yesidora
4 Juni 2024, 18:59
ikn, jokowi, basuki hadimuljono
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Astra Biz Center dan Botanical Garden di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (4/6). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, hari ini. Dalam agenda groundbreaking Astra Biz Center dan Botanical Garden, Jokowi sempat memperkenalkan Plt Kepala Otorita IKN dan wakilnya kepada undangan yang hadir.

 Perkenalan ini ia sampaikan dalam sambutan pembuka acara. Mulanya ia menyapa para menteri, Gubernur Kalimantan Timur, Bupati Penajem Paser Utara, Panglima TNI. Setelah itu barulah ia menyapa dua pejabat terbaru itu.

 “(Plt) Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita yang baru saja dilantik,” ujar Jokowi dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6).

 Usai menyatakan sambutan itu, undangan yang hadir sontak bertepuk tangan. Plt Kepala OIKN sekaligus Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Plt Wakil Kepala OIKN sekaligus Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni berdiri merespon sambutan Jokowi. 

Jokowi kemudian melanjutkan sambutannya dengan menyapa Direktur PT Astra Internasional, ketua Konsorsium Nusantara, hingga seluruh pengusaha yang hadir.

Dalam sambutannya ini, Jokowi menyatakan investasi di IKN Nusantara sebagai membeli masa depan. Ia tidak memungkiri akses jalan yang masih sulit, namun ia menjanjikan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan-IKN bakal menghabiskan waktu 34 menit saja.

Begitu juga dengan bandara yang berjarak 15 menit dari titik groundbreaking tersebut. “Nanti baru bapak ibu pasti akan berubah pikiran mengenai Nusantara ini,” ujarnya.

Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun
Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

 

Oleh sebab itu, Jokowi mengaku senang dan mengapresiasi komitmen PT Astra International Tbk. yang membangun Astra Biz Center di sana. Kompleks ini berdiri di atas lahan 3,4 hektare untuk 11 merek bisnis Astra. Begitu juga dengan Konsorsium Nusantara yang membangun botanical garden di sana.

 Adapun Ketua OIKN Bambang Susantono bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe telah mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (3/6). Namun, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Bambang akan mendapatkan tugas baru. 

“Membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno lewat pesan singkat kepada wartawan pada Senin (3/6).  

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...