Pemerintah Siapkan 40 Ribu Formasi CPNS di IKN, Dibuka Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2024, 18:26
ikn, cpns, azwar anas
menpan.go.id
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai menghadap Presiden Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/12/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah menyiapkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ada 40.021 formasi CPNS yang disiapkan untuk kementerian/lembaga di IKN.

Dari angka tersebut, pemerintah juga mengalokasikan jatah bagi PNS asal Pulau Kalimantan. Adapun, formasi ASN ini akan dibuka pada Juli dan Agustus 2024.

"Tadi diputuskan untuk tahap awal akan ada afirmasi 5% untuk putra/putri terbaik Kalimantan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7) dikutip dari Antara.

Pemerintah juga akan menyiapkan skenario pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN secara bertahap. Selain itu, mutasi PNS juga akan dilakukan dari pemerintah daerah sekitar IKN

Azwar mengatakan mutasi PNS akan dilakukan lewat seleksi terbuka. Harapannya, pemerintah mendapatkan aparatur negara yang kompetitif untuk bekerja di IKN.

"Yang bisa memberi layanan secara digital dan sesuai standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," katanya.

Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun
Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

Rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo juga memutuskan eselon I yang pindah ke Nusantara akan menempati satu unit apartemen untuk sendiri atau bersama keluarga.

Sebelumnya, Azwar mengatakan pemindahan ASN ke IKN Nusantara dilakukan secara bertahap. Pemindahan dimulai 2024 hingga 2029 melalui tiga prioritas untuk 32.937 orang pegawai.

Pembagian kepindahan adalah pemindahan prioritas pertama dengan 179 unit pejabat eselon I pada 38 kementerian/lembaga dengan jumlah ASN yang pindah sebanyak 11.016 orang.

Untuk pemindahan prioritas kedua dengan melibatkan 91 unit pejabat eselon II pada 29 kementerian, yakni jumlah ASN yang pindah ke IKN sebanyak 6.884 orang pegawai.

Sedangkan prioritas pemindahan ketiga melibatkan 378 unit eselon III pada 50 kementerian/lembaga, dengan jumlah ASN yang pindah ke ke IKN sebanyak 14.237 orang.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...