Top News: Kominfo dan Aplikator Bahas Tuntutan Ojol, Kunjungan Apostolik Paus

Aryo Widhy Wicaksono
4 September 2024, 05:40
Ribuan massa yang terdiri dari para driver ojek onlin (ojol) dari Koalisi Ojol Nasional (KON) berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.
ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/tom.
Massa yang tergabung dalam Koalisi Ojol Nasional (KON) berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (29/8/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Kominfo menemui perwakilan perusahaan aplikator ojek online atau ojol, dari Gojek, Grab, Maxim, inDrive, hingga ShopeeFood. Pertemuan ini membahas tuntutan ribuan pengemudi ojol yang menggelar demonstrasi pekan lalu.

Para pengemudi atau driver ojol menuntut agar para aplikator menerapkan tarif yang lebih adil sehingga mereka juga dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Pertemuan Kominfo dengan aplikator untuk membahas tuntutan ribuan pengemudi ojol menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id pada Selasa (3/9). Selain itu, simak juga babak akhir kasus Jiwasraya, serta kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Jakarta.

Beragam artikel terpopuler ini kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id.

1. Kominfo Sudah Bertemu Gojek, Grab hingga Shopee Bahas Tuntutan Ojol

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah bertemu dengan aplikator ojol seperti Gojek, Grab, Maxim, inDrive dan ShopeeFood.

Pertemuan ini membahas tuntutan ribuan pengemudi ojek online yang berdemonstrasi pada Kamis (29/8).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Prabu Revolusi menyampaikan, pertemuan dengan aplikator ojol itu digelar pada Jumat (30/8).

“Pihak aplikator menyepakati untuk melakukan sejumlah penyesuaian pada proses bisnis mereka,” ujar dia dalam pesan singkat pada Katadata.co.id, Selasa (3/9).

Akan tetapi, Prabu tidak memerinci penyesuaian apa saja yang disepakati oleh aplikator ojek online alias ojol seperti Gojek, Grab, Maxim, inDrive dan ShopeeFood.

2. Babak Akhir Kasus Jiwasraya

erjalanan PT Asuransi Jiwasraya memasuki babak akhir setelah 18 tahun menghadapi berbagai masalah. Kasus fraud dan salah kelola investasi di perusahaan asuransi milik pemerintah itu tercatat sebagai salah satu kasus paling besar yang menyita perhatian masyarakat.

Setelah proses hukum dan restrukturisasi panjang dengan pengalihan aset-aset dan kewajiban Jiwasraya ke IFG Life, nasib perusahaan asuransi jiwa itu bakal segera diputuskan.

"Perkiraan bulan September, Jiwasraya dibubarkan," ungkap Plt Direktur Utama Jiwasraya R. Mahelan Prabantarikso dalam pertemuan terbatas di Kementerian BUMN, dikutip Kamis (22/8).

Mahelan menjelaskan proses pembubaran Jiwasraya dilakukan secara bertahap sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 28 /POJK.05/2015 Tentang Pembubaran, Likuidasi, Dan Kepailitan Perusahaan Asuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah.

3. Profil Ace Hardware dan Alasan Ganti Nama jadi Aspirasi Hidup Indonesia

PT ACE Hardware Indonesia Tbk akan berganti nama menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) seiring keputusan pengendali saham perusahaan untuk tidak melanjutkan lisensi.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB ACES memutuskan untuk tidak melanjutkan lisensi ACE Hardware International Holdings yang berakhir pada 31 Desember 2024.

Berdasarkan siaran pers perusahaan, keputusan untuk tidak memperpanjang lisensi ini sejalan dengan fokus dan rencana pengembangan bisnis perusahaan untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen yang terus berevolusi.

Perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan ragam inovasi produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi hidup pelanggan di Indonesia.

Perusahaan kini tengah mempersiapkan peluncuran identitas merek baru yang akan diperkenalkan kepada seluruh pelanggan pada awal tahun 2025.

4. INFOGRAFIK: Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus di Indonesia

Paus Fransiskus dari Takhta Suci Vatikan melakukan kunjungan apostolik dan diplomatik ke Indonesia selama empat hari pada 3 - 6 September 2024.

Kunjungan ini adalah bagian dari perjalanan apostoliknya di kawasan Asia Tenggara dan Oseania.

Di tanah air, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dan melakukan dialog dengan Presiden Joko Widodo. Kemudian dia juga akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Estimasi total umat yang datang sebanyak 86.000 orang.

Awalnya, kunjungan ini direncanakan pada tahun 2020, tetapi tertunda karena pandemi Covid-19.

Paus Fransiskus sendiri merupakan Kepala Negara Takhta Suci Vatikan sekaligus Pemimpin Gereja Katolik Sedunia yang terpilih lewat Konklaf Kepausan pada 13 Maret 2013. Ia menggantikan pendahulunya Paus Benediktus XVI dan sekaligus merupakan Paus pertama dari benua Amerika.

5. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Hilang di Media Sosial Usai Viral Jet Pribadi

Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono tak lagi rutin membagikan konten di media sosial setelah viral penggunaan jet pribadi pekan lalu. Warganet menyoroti hilangnya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI dan istrinya ini di dunia maya.

Di Instagram, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono terakhir kali mengunggah konten pada 17 Agustus. Unggahan itu berupa foto dirinya mengenakan pakaian adat Bugis Makassar dan Erina memakai baju adat Mentawai Sumatra Barat pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu, Erina Gudono terakhir kali membagikan konten di Instagram Story terkait kegiatannya bersama Kaesang Pangarep saat bepergian ke Amerika Serikat.

Kaesang menemani Erina yang melanjutkan pendidikan S2 di University of Pennsylvania di Negeri Paman Sam.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...