Pariwisata Malaysia Terdampak Corona, Turis Tiongkok Ramai ke Bali

Desy Setyowati
2 Februari 2020, 13:11
Pariwisata Malaysia Terdampak virus Corona, Wisman Tiongkok Ramai ke Bali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi, sejumlah penumpang pesawat mengenakan masker di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (31/1/2020).

Lima sektor ekonomi Malaysia terdampak wabah virus corona, salah satunya pariwisata. Di Indonesia, turis Tiongkok justru ramai berwisata di Tanah Lot, Tabanan, Bali.

Menteri Perekonomian Malaysia Mohamed Azmin Ali mengatakan, penyebaran virus corona yang terus meluas dan berlarut-larut akan berdampak terhadap ekonomi negaranya. Sebab, Tiongkok merupakan rekan dagang terpenting Malaysia.

Advertisement

Lima sektor yang terdampak yaitu pariwisata, transportasi, pendidikan, produksi, dan konstruksi. Pada 2019 misalnya, Malaysia menerima hampir 26 juta wisatawan dan lebih dari 3 juta pelancong asal Tiongkok.

"Sektor pariwisata menyumbang 15% terhadap PDB negara,” kata Azmin Ali dalam dalam pernyataan resminya di Kuala Lumpur, Minggu (2/2). Sektor produksi dan konstruksi juga bergantung kepada input dari Tiongkok.

(Baca: Korban Virus Corona Bertambah jadi 304 Meninggal dan 14.380 Terinfeksi)

Untuk itu, pemerintah Malaysia bersama dengan lembaga internasional dan swasta akan mengambil langkah proaktif berdasarkan fakta dan informasi terkini guna mengurangi dampak virus corona terhadap ekonomi.

"Paket rangsangan yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintah bukanlah sekadar memberi suntikan kepada ekonomi, namun turut memberi keutamaan terhadap keperluan yang bisa menjamin keamanan dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Pada 2020, Kementrian Perekonomian (MEA) telah menyediakan 227 juta ringgit Malaysia untuk membeli peralatan kesehatan. MEA juga mempertimbangkan tambahan alokasi untuk berjaga-jaga jika dampak virus corona signifikan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement