Survei Indikator: Kinerja Menteri Risma dan Sri Mulyani Paling Baik

Hasil survei Indikator menunjukkan bahwa Mensos Tri Rismaharini dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dinilai paling berkinerja baik. Tren kepuasan kinerja Presiden Jokowi juga meningkat karena dua hal.
Desy Setyowati
5 Desember 2021, 14:49
Tri Rismaharini, menteri risma, sri mulyani, jokowi, kinerja jokowi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Hasil survei Indikator menunjukkan bahwa Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dinilai paling berkinerja baik. Tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meningkat.

“Survei ini sebelum ada persoalan terkait disabilitas,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/12). “Kami tidak memberi pilihan nama (kepada responden). Jadi spontan.”

 

Penilaian masyarakat terhadap kinerja menteri pada November 2021
Penilaian masyarakat terhadap kinerja menteri pada November 2021 (Indikator)

Nama Menteri Risma memang sempat mencuat, karena mendorong tunarungu berbicara dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (1/12).

Advertisement

Sedangkan penilaian terhadap Sri Mulyani sejalan dengan tren pengukuran kondisi ekonomi nasional. Rinciannya sebagai berikut:

Penilaian masyarakat terhadap kondisi ekonomi nasional pada November 2021
Penilaian masyarakat terhadap kondisi ekonomi nasional pada November 2021 (Indikator)

Kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi juga meningkat. Datanya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Penilaian masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi pada November 2021
Penilaian masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi pada November 2021 (Indikator)

“Pada Juli kepercayaan (terhadap Presiden Jokowi) terendah. Tetapi dalam dua sampai tiga bulan, meningkat,” kata Burhan.

Menurutnya, meningkatkannya kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi dalam menangani pandemi corona, karena dua hal:

  1. Kepuasaan terhadap ekonomi meningkat
  2. Penanganan Covid-19

Rincian kepuasan masyarakat terhadap penanganan pandemi corona dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Penilaian masyarakat terhadap cara Presiden Jokowi menangani Covid-19 pada November 2021
Penilaian masyarakat terhadap cara Presiden Jokowi menangani Covid-19 pada November 2021 (Indikator)

Itu berdasarkan hasil survei tatap muka terhadap 2.020 responden pada 2 – 6 November. Sebanyak 1.220 di antaranya merupakan sampel basis dan 800 oversample di 10 provinsi di Sumatera.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.220 memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait