Komnas HAM Ungkap Kronologi Kasus Baku Tembak Polisi Pekan Ini

Image title
21 Juli 2022, 06:39
brigadir j, irjen ferdy sambo, baku tembak
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan membeberkan kronologi kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir Pol. Yosua Hutabarat alias Brigadir J, pada pekan ini. Komnas HAM mengonsolidasikan sejumlah informasi terkait kasus ini.

Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam menyampaikan, lembaganya telah mengonsolidasikan seluruh kronologi yang diperoleh. “Berbagai kronologi yang terjadi di publik itu sudah kami konsolidasikan sebelumnya,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu malam (20/7).

Tim penyidik dari Komnas HAM mengaku telah memperoleh beberapa sequence atau urutan kronologi penting. Lalu, menyandingkannya dengan beberapa bukti yang ada.

“Proses ini penting bagi kami untuk menguji, nantinya di minggu depan, untuk melihat bagaimana misalnya dengan siber, bagaimana kronik waktu misalnya di level penyidikan dan sebagainya,” ujarnya.

Dari banyaknya informasi yang beredar, Komnas HAM selalu melakukan pendalaman terhadap berbagai informasi baru. Begitu informasi masuk, maka tim penyidik Komnas HAM akan melakukan pengecekan terkait informasi data, serta sequence logis dan konstruksi peristiwa.

“Itu memastikan kami memiliki satu kronologi yang ajeg dengan berbagai pembuktian,” ujarnya.

Tim penyidik Komnas HAM juga telah mengonsolidasi berbagai informasi terkait luka pada jasad Brigadir J. Pada pekan ini pula, seluruh informasi terkait model dan penyebab luka akan dipublikasikan.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...