Jokowi Raih Global Citizen Award karena Sukses Pimpin Presidensi G20

Desy Setyowati
21 September 2022, 09:55
jokowi, presidensi g20, g20
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo mengumumkan harga bahan bakar minyak (BBM) terbaru di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award dari lembaga think tank Amerika Serikat (AS) Atlantic Council, pada Senin waktu setempat atau Selasa (20/9). Ini terkait pelaksanaan Presidensi G20.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sambutan melalui pesan video, dikutip dari keterangan pers, Selasa malam (20/9).

Advertisement

Sambutan tersebut ditayangkan di hadapan sekitar 600 peserta, yang terdiri dari tokoh kalangan usaha, masyarakat sipil AS dan internasional, serta wakil pemerintah negara-negara sahabat.​

Presiden Jokowi memperoleh penganugerahan atas kepemimpinannya dalam Presidensi G20. Ia dianggap mampu menjembatani dampak perang di Ukraina dan dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia (HAM), demokrasi, dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat memperkenalkan Presiden Jokowi. Memulai kariernya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi walikota Surakata, ia memasuki ranah politik untuk melayani dan bekerja bersama rakyatnya,” ujar Executive Chairman World Economic Forum Mr. Klaus Schwab.

Selain itu, Presidensi Indonesia di G20 terjadi saat dunia menghadapi tantangan multidimensi. “Maka, memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan luar biasa dan yang menginginkan kepercayaan dari semua pihak,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement