BRGM dan Freeport Pulihkan Ribuan Lahan Mangrove Dekat IKN

Vika Azkiya Dihni
10 Juni 2023, 19:36
Freeport, mangrove,
Katadata/Vika Azkiya Dihni
BRGM, Kementerian Lingkungan Hidup, PT Freeport Indonesia bekerja sama dalam memulihkan ekosistem mangrove 2.000 hektare di Kalimantan Timur

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), PT Freeport Indonesia bekerja sama dalam memulihkan ekosistem mangrove 2.000 hektare di Kalimantan Timur.

Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung oleh Kepala BRGM Hartono Prawiatmaja, Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas, dan didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di pantai Banua Patra Balikpapan pada hari ini (10/6).

Hartono menargetkan BRGM memulihkan 600 ribu hektare lahan mangrove yang terdegradasi sampai 2024. Pemulihan yang dimaksud lewat penanaman kembali dan pemeliharaan.

Kerja sama itu bertujuan mempercepat rehabilitasi mangrove, sebagaimana program pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, akan menjadi kebanggaan jika terdapat mangrove indah di Ibu Kota Negara atau IKN pada 2045, dan merupakan hasil kolaborasi seluruh stakeholder.

"Lahan mangrove 600 ribu hektare bukan perkara sulit apabila stakeholder, para pelaku usaha ikut berpartisipasti, tidak hanya di IKN tetapi juga lokasi lain," ujar Hartono saat konferensi pers di Balikpapan, Sabtu (10/6).

Halaman:
Reporter: Vika Azkiya Dihni
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...