Apple Luncurkan iPhone SE Harga Rp 6 Jutaan di Tengah Pandemi Corona

iPhone meluncurkan iPhone SE generasi kedua seharga mulai Rp 6,4 juta di tengah pandemi corona. Ponsel ini dilengkapi kamera 12 MP.
Image title
17 April 2020, 14:23
Apple Luncurkan iPhone SE Harga Rp 6 Jutaan di Tengah Pandemi Corona
instagram/@cnet
Ilustrasi, tampilan iPhone SE

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple meluncurkan iPhone SE generasi kedua pada pekan ini, meski ada pandemi corona. Perangkat itu didukung prosesor atau chipset yang diklaim cepat.

iPhone SE dengan ruang penyimpanan 64 GB dibanderol US$ 399 atau sekitar Rp 6,4 juta. Lalu, kapasitas 128 GB seharga US$ 449 atau Rp 7,2 juta dan yang memiliki ruang 256 GB dibanderol US$ 459 atau Rp 8,8 juta.

Harga varian perangkat tersebut lebih murah ketimbang iPhone 11 seharga US$ 699 atau Rp 10,8 juta, maupun flagship 11 Pro dan 11 Pro Max masing-masing US$ 999 (Rp 15,4 juta) dan US$ 1.099 (Rp 17 juta).

Namun, ponsel tersebut tak didukung dua atau tiga kamera belakang sebagaimana perangkat andalan Apple yang diluncurkan belakangan ini. “Sebagai gantinya, ponsel ini memiliki kamera belakang tunggal 12 megapiksel,” demikian dikutip dari CNET, kemarin (16/4).

Kamera belakang itu dilengkapi lensa 28 milimeter f/1.8. Hampir sama dengan yang ada pada iPhone 11 dan 11 pro dengan lensa 26 milimeter f/1.8.

Sedangkan kamera depannya berkapasitas tujuh megapiksel. (Baca: Kasus Corona di Tiongkok Mereda, 2,5 Juta iPhone Ludes Terjual )

Lalu, ponsel tersebut menggunakan chipset SoC A13 Bionic yang sama dengan iPhone 11 dan 11 Pro. "Kami menempatkan otak iPhone 11 Pro pada perangkat iPhone SE," kata Apple dalam laman resminya.

Prosesor tersebut diklaim sebagai yang tercepat yang pernah ada di ponsel saat ini. "Jadi semuanya terasa lancar, apakah Anda memakai aplikasi, memainkan game terbaru, atau menjelajahi cara baru untuk bekerja dan bermain dengan augmented reality," kata Apple.

Dari segi tampilan, iPhone SE menyerupai iPhone 8. iPhone SE mengandalkan layar PS LCD Retina 4,7 inci dengan fitur True Tone. iPhone SE menggunakan tombol Home untuk akses sensor sidik jari.

Baterai perangkat tersebut dapat diisi sampai 50% selama 30 menit. (Baca: Erajaya Sebut Penyebab Harga iPhone 7 Turun Drastis)

Ponsel itu tersedia dalam tiga varian warna yakni hitam, putih, dan merah. Pre order iPhone SE dimulai hari ini dan akan dipasarkan pekan depan di AS dan 40 negara lainnya.

SVP Worldwide Marketing Apple Phil Schiller mengungkapkan, iPhone SE generasi pertama menawarkan ukuran yang kecil, kinerja tinggi, dan harga yang terjangkau". “iPhone SE generasi kedua dibangun berdasarkan landasan itu dan dengan meningkatkan semua aspek,” kata dia.

(Baca: Diduga Ciptakan Kartel, Apple Didenda Perancis hingga Rp 18 Triliun)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait