Ada 2.300 Penipuan Mirip Kasus Maia Estianty, Ini Tiga Langkah Gojek

Cindy Mutia Annur
23 Januari 2020, 18:07
Ada 2.300 Penipuan Mirip Kasus Maia Estianty, Ini Tiga Langkah Gojek
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, tampilan notifikasi terkait peringatan untuk menghindari penipuan melalui fitur percakapan di aplikasi Gojek.

Kepolisian RI mencatat, ada 2.300 laporan terkait penipuan yang mirip dengan kasus pembobolan akun Gojek Maia Estianty pada 2019. Gojek pun menyiapkan tiga langkah antisipasi, salah satunya merilis fitur penyamaran nomor telepon.

AKBP Dhany Aryanda menilai, jumlah laporan terkait penipuan dengan modus social engineering itu jauh lebih besar dibanding kejahatan lain. “Ini sangat ekstrem,” kata dia di Jakarta, Kamis (23/1).

Modus social engineering yaitu pelaku memengaruhi psikologi pengguna supaya mau memberikan kode One Time Password (OTP) ataupun mengikuti instruksi mereka. (Baca: Ahli IT: Bahaya, Peretas Akun Gojek Maia Estianty Pakai Call Forward)

Selebritas Maia Estianty misalnya, diminta menghubungi kode USSD tertentu yang ternyata merupakan fitur pengalihan panggilan (call forward). Pelaku pun bisa mengakses ponsel korban.

Dhany mencatat, jumlah laporan terkait penipuan dengan modus social engineering itu terus meningkat. Kerugian korban yang melapor bervariasi, mulai dari Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan, ada yang dibobol tujuh kartu kreditnya.

Chief Information Security Officer Gojek George Do mengatakan, pelaku yang beroperasi dengan modus social engineering kerap mengincar pengguna layanan berbasis digital. Modus ini dinilai lebih mudah dilakukan, ketimbang meretas (hack) sistem teknologi.

"Maka kami membuat sejumlah opsi (sistem keamanan),” ujar George. Setidaknya, ada tiga hal yakni fitur penyamaran nomor telepon, memperketat enkripsi, dan mengedukasi pengguna.

(Baca: Empat Tips Hindari Akun Gojek Diretas Seperti Maia Estianty)

Gojek mengirimkan surat elektronik (email) kepada pengguna, terkait fitur baru yaitu penyamaran nomor telepon. Namun, fitur itu baru tersedia untuk layanan GoCar dan GoCar L.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...