Gaet E-Commerce, Menteri Koperasi Target Ekspor UMKM Naik 2 Kali Lipat

Fahmi Ahmad Burhan
20 Desember 2019, 15:29
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menargetkan kontribusi UMKM meningkat dua kali lipat pada 2024
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki dalam acara Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan tema "Indonesia Digital Conference (IDC) 2019", di Ballroom Djakarta Theater Jakarta (28/11/2019).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menargetkan kontribusi ekspor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat dua kali lipat pada 2024. Saat ini, UMKM hanya menyumbang 14,5% terhadap ekspor nasional.

Sedangkan korporasi menyumbang 85,5% terhadap ekspor nasional. “Kami sedang mempelajari. Harapan kami, 2024 jadi dua kali lipat dari sekarang," kata Teten di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, hari ini (20/12).

Untuk mencapai target tersebut, Teten gencar menggaet e-commerce. “Perlu mengembangkan akses pasar agar UMKM bukan hanya (menyasar pasar) dalam negeri tapi juga luar negeri," katanya.

Teten pun telah berdiskusi dengan beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Menurut dia, UMKM perlu berdagang di platform digital supaya bisa memperluas pasar.

(Baca: Mendag Agus Optimistis Kontribusi Ekspor UMKM Capai 18% Tahun Depan)

Selain itu, menurut dia pelaku UMKM perlu meningkatkan kemampuan teknologinya. Ia pun berencana membuat kantor bersama untuk mendorong ekspor UMKM. Perizinan, sertifikasi  hingga pembiayaan ekspor dapat dilakukan melalui kantor tersebut.

Teten juga menjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 190 triliun pada tahun depan cukup untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya. Pembiayaan untuk UMKM itu juga terbagi di berbagai kementerian dan Lembaga (K/L).

Di Indonesia, beberapa e-commerce juga sudah menyediakan layanan ekspor. Bukalapak misalnya, meluncurkan BukaGlobal pada pertengahan Mei tahun ini. Lewat layanan ini, pengguna di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Taiwan bisa membeli produk Indonesia melalui Bukalapak.

(Baca: Ekspor Produk UMKM Baru 14%, Menteri Koperasi Kaji Gaet E-Commerce)

Shopee juga menargetkan bisa mengekspor 5 ribu produk UMKM Indonesia ke Malaysia dan Singapura pada akhir tahun ini. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Shopee bakal memaksimalkan gudang (warehouse) di luar negeri.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto optimistis UMKM berkontribusi 18% terhadap total ekspor pada tahun depan. Prediksi itu meningkat dari saat ini di kisaran 14-15%.

Optimisme itu merujuk pada Omnibus law  yang akan diterbitkan pemerintah tahun depan. "Saya optimistis target akan tercapai terutama dengan adanya penyerderhanaan aturan-aturan melalui omnibus law," kata dia kemarin (19/12).

Selama ini, menurutnya ada beberapa aturan yang menghambat perkembangan produksi UMKM. Di antaranya terkait perizinan, permodalan, dan akses permodalaan. Nantinya, aturan-aturan tersebut disederhanakan.

(Baca: Usai Malaysia dan Singapura, Shopee Bidik Pasar Ekspor ke 4 Negara)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...