Shopee Siapkan Rp 17 M dan Beri Kredit Bunga Ringan Bagi 10 Ribu UMKM

Shopee menggaet BRI untuk memberikan pinjaman dengan bunga khusus untuk 10 ribu lebih UMKM. Selain itu, mendorong ekspor produk UMKM.
Desy Setyowati
19 Juni 2020, 14:48
Shopee Siapkan Rp 17 M & Beri Pinjaman Bunga Ringan Bagi 10 Ribu UMKM
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ilustrasi, perajn memproduksi kerajinan rotan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Shopee mengalokasikan dana Rp 17 miliar untuk membantu mitra penjual meningkatkan transaksi saat normal baru (new normal). Perusahaan e-commerce ini juga menggaet Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyediakan pinjaman dengan bunga khusus untuk 10 ribu lebih Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kedua kebijakan itu merupakan bagian dari upaya Shopee mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah. Sejalan dengan hal ini, perusahaan juga meluncurkan program ‘Dukungan Pemulihan Nasional Shopee’.

Dana Rp 17 miliar termasuk dalam program tersebut. Anggaran ini akan digunakan untuk memberikan subsidi voucer bagi penjual yang baru bergabung dengan Shopee, agar bisa mempromosikan tokonya.

(Baca: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada Gencar Gaet UMKM Saat Normal Baru)

Selain itu, semua mitra pedagang bakal memperoleh keringanan biaya layanan dan subsidi kredit iklan. Untuk pembeli juga akan mendapat promosi berupa uang kembali (cashback) dan voucer pada pesta diskon 7.7, gratis ongkos kirim (ongkir), dan hadiah lainnya.

“Ini merupakan komitmen lanjutan kami setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dikutip dari siaran pers, Jumat (19/6). Perusahaan memang telah mengalokasikan stimulus Rp 100 miliar untuk membantu mitra UMKM yang terkena dampak pandemi corona, pada April lalu.

(Baca: Shopee Beri Modal Mitra Penjual Terdampak Corona Rp 100 Miliar)

Selain itu, Shopee bekerja sama dengan BRI menyediakan pinjaman dengan bunga khusus. Lalu, membantu 20 ribu UMKM lokal untuk mengekspor produk ke Malaysia dan Singapura.

Sejak April lalu, Shopee kembali mengembangkan program ekspor ‘Kreasi Nusantara: Dari Lokal untuk Global. Perusahaan mengklaim telah mengekspor 5.000 produk produk lokal ke dua negara tetangga melalui program ini.

“Kami harap, bantuan ekonomi itu dapat tepat guna dan membantu sektor UMKM secara signifikan di tengah situasi pandemi,” kata Handhika. (Baca: Shopee Target Ekspor Sejuta Lebih Produk UMKM Tahun Ini)

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait