Tokopedia, Bukalapak, Shopee Blokir Akun Penjual Buku Rekening Bank

Buku rekening tabungan bank hingga kartu debit dijual di e-commerce. Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee blokir akun penjual.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
3 Juli 2020, 11:46
Tokopedia, Bukalapak, Shopee Blokir Akun Penjual Buku Rekening Bank
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.
Ilustrasi, pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Warganet ramai membicarakan buku rekening tabungan bank hingga kartu debit yang dijual di platform e-commerce belakangan ini. Perusahaan seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee langsung memeriksa kabar itu, dan berjanji akan memblokir akun penjual yang mendagangkan produk ilegal.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, perusahaan memiliki tim yang memonitor jenis barang yang dijual di platform. Tim ini bertugas memastikan semua mitra pelapak mematuhi peraturan.

Bukalapak berjanji akan menindak tegas pelapak yang melanggar peraturan, termasuk yang menjual buku rekening tabungan bank dan kartu debit. “Saat ini produk-produk itu sudah ditindaklanjuti oleh tim," ujar Intan kepada Katadata.co.id, Jumat (3/7).

(Baca: Tokopedia, Bukalapak dan Shopee Blokir Akun Penjual Surat Bebas Corona)

Hal senada disampaikan oleh External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya. Ia menegaskan bahwa perusahaan akan menindak pedagang yang menjual produk ilegal.

"Aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas pada platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Ekhel.

Shopee juga menindaklanjuti para penjual yang mendagangkan buku rekening tabungan bank dan kartu debit. "Kami telah memberikan sanksi kepada mitra penjual terkait dan menurunkan produk itu dari platform," ujar Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana Noverdi.

Perusahaan e-commerce asal Singapura itu berjanji akan terus memantau platform guna mengantisipasi kejadian serupa. Shopee juga mengerahkan tim khusus untuk mengecek semua produk.

(Baca: Tokopedia, Bukalapak & Blibli Janji Blokir Akun yang Jual Mahal Masker)

Katadata.co.id juga sudah menghubungi Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko terkait persoalan tersebut. Namun, belum ada tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, akun penjual yang menjajakan buku rekening tabungan dan kartu debit di platform Tokopedia, Bukalapak dan Shopee sudah tidak ada. Sebelumnya, akun dengan nama Pinkyouthstore di Tokopedia menjual produk ilegal ini sekitar Rp 500 ibu hingga Rp 700 ribu.

Lalu, akun bernama Raisa Safitri di Bukalapak menjual buku rekening tabungan Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Akun Fintstore di Shopee membanderol produk ilegal ini sekitar Rp 600 ribu.

(Baca: Bukalapak Laporkan Pelapak yang Timbun Produk Kesehatan ke Polisi)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait