Shopee dan Lazada Promosi 11.11, Diskon 50% hingga Voucer Rp 1 Juta

Lazada dan Shopee menggelar promosi 11.11 se-Asia Tenggara dengan menawarkan diskon 50% hingga voucer Rp 1,1 juta. Bukalapak juga memberikan penawaran serupa.
Desy Setyowati
30 Oktober 2020, 15:35
Shopee hingga Lazada Promosi 11.11, Diskon 50% hingga Voucer Rp 1 Juta
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee dan Lazada menggelar festival belanja 11.11 pada November. Shopee menawarkan diskon hingga 50%, sementara Lazada menyediakan voucer Rp 1,1 juta.

Induk Lazada, Alibaba menggelar festival 11.11 atau Single’s Day sejak 2009. Raksasa Tiongkok itu beberapa kali mencetak rekor transaksi bruto (gross merchandise value/GMV) dalam sehari. Pada tahun lalu misalnya, mencapai 268,4 miliar yuan atau setara Rp 538,5 triliun.

Pada tahun ini, Alibaba akan menghadirkan lebih dari 14 juta produk dari sekitar 250 ribu merek (brand). Sebanyak 800 juta konsumen diperkirakan berpartisipasi di festival ini.

"Tahun ini kami ingin memulai dengan sesuatu yang baru, lebih banyak inovasi. Meredefinisi 11.11 sebagai siklus baru," ujar Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung saat konferensi pers virtual, Kamis (29/10).

Sedangkan Lazada bakal memperbanyak konten shoppertainment, salah satunya meluncurkan gim eksklusif, Happy Bounce. “Para pemain bisa memenangkan koin dan voucer Lazada yang dapat digunakan saat berbelanja," kata Co-President and Regional Head of Commercial of Lazada Group Jessica Liu saat konferensi pers virtual, dikutip dari Antara, Jumat (30/10).

Lazada berkolaborasi dengan 70 brand lebih untuk showcase dan menampilkan produk lebih dari 350 ribu penjual katalog eksklusif seperti Lancôme, Under Armour, Swatch dan Castrol. Selain itu, terdapat Crazy Flash Sale 11 kali dalam sehari dan promo gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia.

E-commerce tersebut juga bakal menyediakan voucer Rp 1,111 juta tanpa minimum pembelian selama 11 hari mulai Minggu (1/11). Lazada pun menggaet selebritas Korea Selatan, Lee Min Ho sebagai duta merek (brand ambassador).

Perusahaan juga menyiapkan  menggaet 45 mitra logistik dan mengandalkan 40 ribu lebih staf untuk mengantisipasi lonjakan permintaan. Selain itu, mengoperasikan 15 lebih fasilitas gudang, serta 400 fulfillment center dan hub.

Sedangkan Shopee menghadirkan penawaran super selama sebulan dalam rangka 11.11. Promosi utamanya yakni gratis ongkos kirim untuk pilihan bayar di tempat atau cash on-delivery (COD), diskon hingga 50%, dan ShopeePay Deals Rp 1.

Chief Executive Officer Shopee Chris Feng mengatakan, pesta diskon 11.11 merupakan lanjutan momentum kuat dari 9.9 dan 10.10. “Dalam 11.11 kali ini, Shopee akan memperkuat upaya memastikan bahwa manfaat dan peluang e-commerce dapat dirasakan oleh semua orang,” kata dia dikutip dari siaran pers, dua pekan lalu (15/10).

Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, kampanye ShopeePay Deals Rp 1 merupakan salah satu inisiatif untuk mengedukasi masyarakat terkait manfaat transaksi non-tunai. “Di saat yang sama, membantu para merchant menjangkau para pelanggannya,” katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (27/10).

Ia mengatakan, pengguna baru yang bertransaksi kategori belanja menggunakan ShopeePay meningkat 70% lebih selama pandemi corona. Frekuensi berbelanja juga naik hampir tiga kali lipat, tetapi nilai transaksinya lebih kecil.

E-commerce lokal, Bukalapak juga menggelar promosi 11.11. Penawaran yang dihadirkan yakni gratis ongkos kirim dan uang kembali (cashback) 3-20% hingga Rp 200 ribu.

Sedangkan Tokopedia berfokus memberikan promosi pada periode gajian yang disebut waktu Indonesia belanja (WIB) yakni 25-31 Oktober. Penawarannya mulai dari diskon Rp 10 ribu, bebas ongkos kirim, dan cashback.

“Kami sadari persoalan (saat ini) dari sisi permintaan. Orang tahan belanja sementara. Kami ada fasilitas bebas ongkos kirim, harga barang terjangkau, dan mitra promosi,” kata CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam seminar virtual bertajuk ‘Bangga Buatan Indonesia #SemuanyaAdaDisini’ yang diadakan oleh Katadata, Senin lalu (26/10).

Reporter: Antara, Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait