Tokopedia Salip Shopee Usai Gandeng BTS dan Blackpink

Tokopedia menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform pada Januari, di saat perusahaan menggaet BTS dan Blackpink. Sebelumnya Shopee memimpin di Indonesia.
Image title
26 Februari 2021, 10:58
Tokopedia Salip Shopee Setelah Gaet BTS dan Blackpink
Instagram/@Tokopedia
Tokopedia menggandeng BTS dan Blackpink

Data Similarweb menunjukkan, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia menyalip Shopee di Indonesia pada Januari. Bulan lalu, e-commerce bernuansa hijau itu mengumumkan kerja samanya dengan boyband asal Korea SelatanBTS dan girl group Blackpink.

Berdasarkan data Similiarweb, jumlah kunjungan ke platform di Tokopedia mencapai 133,41 juta per Januari. Angkanya meningkat 7,64% dibandingkan bulan sebelumnya 124 juta. Lama berkunjungan rerata enam menit 23 detik.

Sedangkan jumlah kunjungan ke platform Shopee di Tanah Air turun 7,46% menjadi 127 juta pada Januari. Lama rata-rata berkunjungan enam menit 12 detik.

Peningkatan jumlah kunjungan ke platform Tokopedia pada bulan lalu berbarengan dengan pengumuman dua duta merek (brand ambassador) yakni BTS dan Blackpink. Keduanya tampil dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang digelar setiap akhir bulan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, keterlibatan kedua grup musik asal Negeri Ginseng itu sangat ramai diperbincangkan di media sosial. Keduanya pun menempati peringkat pertama topik populer (trending topic) di Twitter, baik lingkup Indonesia maupun dunia.

Hingga hari ini, penampilan BTS dan Blackpink di WIB TV Show mengumpulkan 15 juta penonton, baik melalui platform Tokopedia Play maupun saluran resmi di YouTube.

"Kolaborasi antara Tokopedia dengan BTS dan Blackpink memang mengundang antusiasme sangat tinggi, baik dari masyarakat Indonesia maupun dunia," kata Ekhel kepada Katadata.co.id, Kamis sore (25/2).

BTS terdiri dari tujuh anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook. Boyband ini di bawah naungan Big Hit Entertainment.

Sedangkan Blackpink terdiri dari empat anggota yakni Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. Blackpink di bawah naungan YG Entertainment.

Setelah pengumuman kedua grup musik tersebut sebagai duta merek, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia meningkat dan menyalip Shopee.

Sebelumnya,  iPrice mencatat bahwa jumlah kunjungan ke situs web dan aplikasi Shopee di urutan pertama di Indonesia sepanjang tahun lalu. Secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020, jumlahnya rerata 71,53 juta, 93,44 juta, 96,53 juta, dan 129,32 juta per bulan.

iPrice juga mencatat, jumlah kunjungan ke platform Shopee merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. “Rata-rata total kunjungan website (di Indonesia) selalu di atas 90 juta per bulan selama 2020,” demikian dikutip dari laporan iPrice, dua pekan lalu (10/2).

Sedangkan jumlah kunjungan Tokopedia yaitu 69,8 juta, 86,1 juta, 85 juta, dan 114,7 juta per bulan. Lalu Bukalapak berada di urutan ketiga, dengan jumlah kunjungan 37,63 juta, 35,29 juta, 31,42 juta, dan 38,58 juta.

Katadata.co.id juga mengonfirmasi penurunan jumlah kunjungan ke platform di Indonesia kepada Shopee. Namun, belum ada tanggapan hingga berita ini dirilis.

Akan tetapi, Shopee juga gencar menggandeng selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, ITZY, Mamamoo, Monsta X, dan GOT7 pada tahun lalu.

Dengan strategi tersebut, Shopee memimpin dari sisi jumlah kunjungan per bulan di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam tahun lalu berdasarkan data iPrice.

Tokopedia dan Shopee juga gencar memberikan promosi. Perusahaan seinduk (sister company) dengan Shopee yakni ShopeePay misalnya, menggelar kampanye 3.3 Pesta Cashback selama 28 Februari hingga 3 Maret.

Promosi yang diberikan berupa voucer uang kembali (cashback) 100%. Selain itu, hadiah voucer total Rp 1 miliar jika menggunakan fitur ‘share dan dapatkan’.

Sedangkan Tokopedia menggelar WIB dengan memberikan diskon hingga 90% dan casback 10 kali lipat. Kampanye ini berlangsung pada akhir bulan.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait