Riset KIC-Kredivo: Konsumen 36-45 Tahun Mulai Gemar Belanja Online
Riset Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo menunjukkan, transaksi di e-commerce selama tahun lalu terkonsentrasi kota tingkat (tier) satu seperti Jakarta. Selain itu, segmen yang paling sering berbelanja yakni generasi Z dan X atau usia 36 – 45 tahun.
Porsi konsumen generasi X yang berbelanja online juga meningkat dari 13% pada 2019 menjadi 19% tahun lalu. Sepanjang tahun lalu, mereka rerata berbelanja 12 sampai 13 kali setahun. Barang yang dibeli rata-rata 18 sampai 19 produk.
"Artinya, ada target pasar yang besar (bagi e-commerce)," kata Direktur Riset KIC Mulya Amri saat konferensi pers virtual, Rabu (9/6).
Kredivo mencatat, konsumen generasi X lebih banyak berbelanja kebutuhan rumah tangga. Sedangkan yang lebih muda, berbelanja aksesori dan fashion.
"Peran generasi di bawah (X) jadi penunjang. Orang tua yang tadinya tidak pakai, menjadi pakai (layanan e-commerce)," ujar Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga.
Sedangkan porsi generasi Z atau yang berumur 18 hingga 25 tahun yang berbelanja online mencapai 14% tahun lalu. Mereka rerata berbelanja sembilan sekali setahun, dengan 13 barang yang dibeli.
“Sebagian besar konsumen cenderung hanya berbelanja sekali sebulan. Namun 19% konsumen Gen X dan 14% Gen Z dapat berbelanja hingga dua sampai lima kali sebulan,” demikian dikutip dari laporan bertajuk ‘Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia’.