WhatsApp Tak Lagi Bisa Dipakai di 22 Ponsel Ini Mulai 1 November

Desy Setyowati
25 Agustus 2021, 12:22
WhatsApp, Android, iPhone
Katadata
Logo WhatsApp

WhatsApp menyatakan tak lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi atau operating system (OS) 4.0.4 atau lebih lama dari ini mulai 1 November. Ini juga berlaku untuk gadget dengan iOS 9 atau versi lebih lama.

“Silakan beralih ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat obrolan Anda sebelum tanggal tersebut,” kata WhatsApp melalui laman resmi, dikutip Kamis (25/8).

Anak usaha Facebook itu menyampaikan, WhatsApp mendukung ponsel yang memenuhi dua syarat. Pertama, menjalankan OS 4.1 untuk Android atau iOS 10 untuk iPhone.

Kedua, dapat menerima SMS atau panggilan selama proses verifikasi. “Kami menawarkan dukungan terbatas untuk tablet Android dengan kartu SIM aktif dan tidak mendukung perangkat khusus Wi-Fi,” kata WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp tidak mendukung perangkat yang menggunakan versi sistem operasi iPhone yang dimodifikasi. “Ini karena modifikasi dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda,” kata perusahaan.

Setidaknya ada 19 ponsel Android yang tidak didukung WhatsApp mulai 1 November, di antaranya:

Samsung

  1. Galaxy Core
  2. Galaxy Ace 2
  3. Galaxy S2
  4. Galaxy S3 Mini
  5. Galaxy Trend Lite
  6. Galaxy Trend 2
  7. Galaxy Xcover 2

Sony

  1. Xperia Mio
  2. Sony Xperia Neo L
  3. Xperia Arc S

Huawei

  1. Ascend D Quad XL
  2. Ascend D1 Quad XL
  3. Ascend P1 S

LG

  1. Optimus L5
  2. Optimus 4X HD
  3. Optimus L7
  4. Nitro HD

Alcatel

  • One Touch Evo 7

HTC

  • Thunderbolt

Motorola

  • Droid X

Selain itu, ada tiga iPhone yang tidak lagi didukung WhatsApp mulai 1 November yaitu:

  1. iPhone 6S
  2. iPhone 6S Plus
  3. iPhone SE

Pengguna bisa menyimpan riwayat obrolan agar tidak terhapus saat 1 November. Caranya, buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk Opsi lainnya.

Kemudian klik Pengaturan, lalu Obrolan. Setelah itu, ketuk Cadangan obrolan, lalu Cadangan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur ekspor obrolan untuk mengirim salinan riwayat obrolan individu maupun grup. Caranya, ketuk Opsi lainnya, lalu pilih Lainnya. Kemudian klik Ekspor obrolan.

Setelah itu, pengguna diminta memilih mengekspor dengan media atau tanpa media. “Riwayat obrolan Anda dilampirkan sebagai dokumen .txt,” kata WhatsApp.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait