Pertama Kali Sejak Akhir 2019, Tokopedia Ungguli Shopee di Indonesia

Tokopedia akhirnya menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan pada kuartal II. Berkat BTS dan Blackpink?
Desy Setyowati
21 September 2021, 15:12
Tokopedia, Shopee
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Tokopedia akhirnya menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan pada kuartal II, berdasarkan data iPrice. Ini pertama kalinya e-commerce bernuansa hijau ini mengungguli Shopee sejak kuartal III 2019.

Berdasarkan data iPrice, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia 147,79 juta per bulan di Indonesia pada kuartal II. Sedangkan Shopee 126,99 juta.

Shopee menyalip Tokopedia dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan sejak kuartal IV 2019. Ini terjadi sekitar setahun setelah e-commerce bernuansa oranye ini menggaet Blackpink dalam rangka 12.12 2018.

E-commerce asal Singapura tersebut pun mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara saat itu. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Jumlah kunjungan ke platform Shopee pada kuartal I 2019 naik 5% dibandingkan kuartal IV 2018 secara regional. Sedangkan Lazada turun 12%.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, , ITZY, Mamamoo, Monsta X hingga GOT7. E-commerce asal Singapura itu pun menyalip Tokopedia pada akhir 2019.

Pada festival diskon 9.9 kemarin, Shopee menggaet aktor asal Cina Jackie Chan. Sedangkan Tokopedia masih menggandeng BTS dan Blackpink.

Jumlah kunjungan ke platform Tokopedia per bulan pada kuartal II pun meningkat dan menyalip posisi Shopee. Rinciannya dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

 

CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja mengatakan sebelumnya, penunjukkan BTS dan Blackpink memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. "Saat kami mengajak tokoh dunia seperti BTS dan Blackpink, setiap bulan bisa world wide trending topic," ujar dia dalam Wealth Wisdom 2021: Step Up To The New Creative Economy, akhir pekan lalu (18/9).

Wiliam bercerita, BTS dan Blackpink memiliki pengaruh yang besar. Kedua grup musik asal Korea Selatan ini dapat diajak untuk mengangkat produk Indonesia di panggung dunia. "BTS itu bisa diajak misalnya, minum susu cokelat atau susu pisang khas Indonesia sehingga produk lokal dapat terangkat," katanya.

Tokopedia menggandeng BTS dan BlackPink
Tokopedia menggandeng BTS dan BlackPink (Instagram/@Tokopedia)

 

BTS dan Blackpink hadir dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang digelar setiap akhir bulan. Program ini dibuat untuk mendorong penjualan  mitra Tokopedia yang sebagian besar menjual produk-produk lokal.

"Kami tahu permintaan harus didorong karena itu setiap tanggal 25 hingga akhir bulan setiap masyarakat Indonesia gajian kami membuat program untuk mendorong mereka berbelanja, terutama produk lokal," katanya. 

Wiliam mengatakan, lebih 100 juta orang Indonesia mengunjungi platform Tokopedia setiap bulannya. Ia berharap hal ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai mitra untuk mendorong penjualan mereka. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait