Pertama Kali Sejak Akhir 2019, Tokopedia Ungguli Shopee di Indonesia

Desy Setyowati
21 September 2021, 15:12
Tokopedia, Shopee
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Tokopedia akhirnya menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan pada kuartal II, berdasarkan data iPrice. Ini pertama kalinya e-commerce bernuansa hijau ini mengungguli Shopee sejak kuartal III 2019.

Berdasarkan data iPrice, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia 147,79 juta per bulan di Indonesia pada kuartal II. Sedangkan Shopee 126,99 juta.

Shopee menyalip Tokopedia dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan sejak kuartal IV 2019. Ini terjadi sekitar setahun setelah e-commerce bernuansa oranye ini menggaet Blackpink dalam rangka 12.12 2018.

E-commerce asal Singapura tersebut pun mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara saat itu. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Jumlah kunjungan ke platform Shopee pada kuartal I 2019 naik 5% dibandingkan kuartal IV 2018 secara regional. Sedangkan Lazada turun 12%.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, , ITZY, Mamamoo, Monsta X hingga GOT7. E-commerce asal Singapura itu pun menyalip Tokopedia pada akhir 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...