Adu Pacu E-Commerce, Tokopedia Kembali Salip Shopee di Indonesia?

Desy Setyowati
8 Oktober 2021, 13:54
Tokopedia, Shopee, e-commerce
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Tokopedia menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke web per bulan di Indonesia pada kuartal II, berdasarkan data iPrice. Namun perusahaan periset pasar aplikasi mobile App Annie mencatat, Shopee masih menjadi juara di Tanah Air.

Berdasarkan data iPrice, jumlah kunjungan ke situs web Tokopedia yang tertinggi di Indonesia yakni 147,79 juta per bulan selama semester I. Sedangkan Shopee 126,99 juta.

Ini pertama kalinya e-commerce bernuansa hijau ini mengungguli Shopee sejak kuartal III 2019. Shopee menyalip Tokopedia dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan sejak kuartal IV 2019.

Itu terjadi sekitar setahun setelah e-commerce bernuansa oranye ini menggaet Blackpink dalam rangka 12.12 2018. Shopee pun mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara saat itu. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Namun data GlobalWebIndex (GWI) per Kuartal III 2020 menunjukkan, 78,2% pengguna internet usia 16-64 tahun memakai aplikasi belanja online melalui ponsel atau tablet. Hanya 22% yang bertransaksi melalui situs web.

Berdasarkan data SimilarWeb pada Rabu (5/10), jumlah pengguna aplikasi aktif harian (unique daily actives users/DAU) Shopee di Indonesia 26,92 juta pada Agustus. Jika dihitung sebulan, jumlah kunjungan ke aplikasi sekitar 834,52 juta.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...