Jurus Baru Lazada Saingi Shopee – Tokopedia, Beri Penjual Rp 140 Juta

Desy Setyowati
29 September 2021, 07:00
lazada, shopee, tokopedia, umkm, e-commerce
Katadata
Kallula feat Dipha Barus membawakan lagu "No One Can Stop Us" untuk acara Lazada Super Par7y di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kota Tangerang

Lazada mempermudah proses pendaftaran mitra penjual (seller) menjadi tiga langkah. Ini dilakukan di tengah ketatnya persaingan dengan Shopee hingga Tokopedia.

SVP Sellers Operation di Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, jumlah penjual meningkat 2,4 kali lipat dibandingkan Maret 2020. “Kami melihat peningkatan signifikan dari (jumlah) seller, terutama sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (28/9).

E-commerce itu pun membuat program bertajuk ‘Mulai di Laz, Bisa Naik KeLaz’. Itu merupakan program yang mempermudah calon mitra mendaftar ke Lazada yakni:

  1. Memasukkan nomor ponsel
  2. Memasukkan kode enam digit untuk memverifikasi nomor ponsel
  3. Buat kata sandi yang aman dan unik

“Proses pendaftaran menjadi seller bisa dilakukan kurang dari semenit dan tanpa biaya apapun,” kata Bekti. Pengguna juga bisa menyambungkan akun Lazada yang terdaftar sebagai ‘Pembeli’ ke ‘penjual’.

“Ini bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk mendukung bisnis Indonesia, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dalam menjalani transformasi digital dan tumbuh secara berkelanjutan,” kata Haikal.

Setelah terdaftar, seller bisa mulai berjualan melalui Lazada Seller Centre (LSC). Caranya sebagai berikut:

  • Memasukkan alamat atau lokasi yang akan dipakai untuk mengirimkan produk
  • Memasukkan bukti identifikasi resmi seperti KTP, yang dibutuhkan untuk proses identifikasi seller
  • Memasukkan informasi akun atau rekening bank untuk mempermudah proses pembayaran hasil penjualan seller di Lazada

Setelah itu, seller bisa mulai mengunggah daftar produk yang ingin dijual, lengkap dengan foto dan deskripsi. Lazada juga menyediakan fitur penerjemahan ke berbagai bahasa, dengan satu klik.

Lazada juga menyediakan hadiah Rp 140 juta  untuk pemenang utama dari kampanye ‘Mulai di Laz, Bisa Naik KeLaz’. Ini diharapkan membantu pemenang mempersiapkan diri menyambut festival belanja 11.11.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...