Dongkrak Transaksi, Gim dan Live Streaming Jadi Tren Baru E-Commerce

Fahmi Ahmad Burhan
6 Juli 2020, 08:30
Dongkrak Transaksi, Gim dan Live Streaming Jadi Tren Baru E-Commerce
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi e-commerce

Transaksi di platform e-commerce melonjak, karena konsumen beralih ke metode belanja online imbas pandemi corona. Perusahaan seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada pun berlomba-lomba memberikan pengalaman berbelanja yang menarik untuk menggaet konsumen.

Gim dan berjualan dengan cara siaran langsung (live streaming) menjadi tren baru di tengah pandemi Covid-19. Shopee misalnya, menyediakan fitur Shopee Live sejak Juni tahun lalu.

Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana mengaku, fitur itu meningkatkan jumlah kunjungan ke toko pedagang. "Dalam beberapa bulan terakhir, Shopee Live menjadi alat vital bagi penjual dalam menjajakan produknya dan memastikan kualitas barang terjamin, secara langsung," ujar dia kepada Katadata.co.id, beberapa waktu lalu (2/7).

Sepanjang April, Shopee Live ditonton 120 juta kali. "Kami juga melihat peningkatan waktu menonton 70% dibandingkan Februari,” katanya.

Shopee mencatat, fitur live streaming itu meningkatkan penjualan rata-rata 3,5 kali lipat selama pandemi virus corona. (Baca: Tiga E-commerce Besar Panen Pengguna dan Transaksi saat Pandemi Corona)

Fitur tersebut membuat penjual seolah-olah menjajakan barang langsung kepada konsumen, seperti di pasar atau mal. Aditya optimistis, tools seperti ini akan menjadi tren tahun ini.

Tokopedia juga meluncurkan fitur serupa bernama Tokopedia Play pada April lalu, atau saat ramadan. Perusahaan mencatat, kontribusi fitur ini terhadap transaksi terus meningkat.

Head of Product Tokopedia Play Cynthia Limin mengatakan, fitur itu membantu konsumen beralih secara bertahap dari belanja offline menjadi online. "Konsumen bisa berinteraksi dengan kreator konten secara langsung sambil membeli produk saat mengikuti live streaming," kata dia.

Secara umum, platform Tokopedia dikunjungi lebih dari 90 juta kali setiap bulannya. (Baca: Tokopedia Siapkan Empat Jurus Sambut Normal Baru di Tengah Pandemi)

Lazada juga memiliki fitur live streaming sejak tahun lalu. Namun, perusahaan asal Singapura ini menghadirkan pengalaman baru dengan menggaet tiga mal di Jakarta untuk menyediakan e-mall di platform.

Ketiga mal yang digandeng yakni Gandaria City, Kota Kasablanka dan Plaza Blok M. “Kolaborasi ini akan memberikan akses dan pengalaman berbelanja aman dan nyaman ke berbagai toko dan merek ternama yang ada di mal-mal itu,” ujar Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Monika Rudijono dalam siaran pers, Jumat (3/7).

(Baca: Lazada Gaet Tiga Mal Hadirkan Pusat Perbelanjaan Digital)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...