Setelah Beroperasi 20 Tahun Lebih, Amazon Tutup Alexa.com Mei 2022

Amazon akan menyuntik mati situs pemeringkat web Alexa.com. Kabarnya, ini karena penggunaan atau lalu lintas Alexa.com terus menurun.
Image title
9 Desember 2021, 11:25
amazon, alexa.com
Gilc|123RF.com
Foto beranda Amazon pada layar monitor melalui kaca pembesar.

Amazon akan menyuntik mati situs pemeringkat web Alexa.com. Kabarnya, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini menutup Alexa.com karena lalu lintas situs yang kian menurun.

Alexa.com mengumumkan rencana penutupan akses layanan itu pada Rabu (8/12). Berdasarkan keterangan di situs resmi, Alexa.com akan berhenti beroperasi pada 1 Mei 2022.

"Setelah dua dekade membantu Anda menjangkau dan mengonversi audiens digital, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022," kata perusahaan dikutip dari situs resmi, Rabu (8/12).

Amazon bakal berhenti menawarkan langganan baru bagi semua layanan Alexa.com. Akan tetapi, pelanggan yang masih aktif tetap mendapatkan layanan dari Alexa.com hingga aksesnya dicabut pada 1 Mei 2022.

Advertisement

Alexa.com juga akan tetap memberikan penagihan langganan pada pelanggan yang masih aktif hingga April 2022. Sedangkan layanan Amazon Application Programing Interface (API) akan dihentikan pada 8 Desember 2022.

Amazon tidak menjelaskan alasan penutupan Alexa.com. Sedangkan laporan Bleepingcomputer melaporkan, lalu lintas organik Alexa.com terus menurun mengacu dari data platform Software as a Service (SaaS) Semrush,.

"Jadi, ada kemungkinan Amazon menghentikan layanan karena penurunan popularitas yang signifikan," demikian dikutip daru Bleepingcomputer, Kamis (9/12).

Alexa.com merupakan anak usaha Amazon yang dikenal karena sistem peringkat global. Platform ini didirikan sebagai perusahaan independen pada 1996, kemudian diakusisi oleh Amazon pada 1999.

Platform itu menyediakan layanan pemeringkat web berdasarkan data lalu lintas mitranya. Berdasarkan situs resmi, peringkat Alexa.com dihitung menggunakan kombinasi perkiraan rata-rata pengunjung unik harian serta perkiraan jumlah tampilan laman selama tiga bulan terakhir.

Alexa.com mengumpulkan data dari pengguna internet di ekstensi browser seperti Google Chrome, Internet Explorer, Firefox, dan lainnya.

Selain layanan sistem peringkat web, Alexa.com menawarkan layanan berbayar seperti alat analisis Search engine optimization (SEO).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait