Lazada dan Shopee Catat Rekor Transaksi saat Pesta Diskon 12.12

Fahmi Ahmad Burhan
17 Desember 2021, 19:49
Lazada, Shopee, e-commerce, 12.12
Lazada dan Shopee
Logo Lazada dan Shopee

E-commerce asal Singapura, Shopee dan  Lazada mencatatkan rekor penjualan produk selama festival belanja 12.12. Keduanya menawarkan promosi hingga 99%.

Lazada menggelar festival belanja bertajuk Lazada 12.12 Grand Year End Sale pada 12 - 14 Desember. Selama periode ini, jumlah rata-rata orang yang berbelanja di platform naik 70%.

Selain itu, jumlah penjual yang mengalami lonjakan transaksi bertambah lebih dari 65% dibandingkan tahun lalu.

Executive Director Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, capaian itu menunjukkan bahwa festival belanja 12.12 masih menjadi andalan penjual dalam menarik konsumen. 

"Jadi, banyak capaian rekor yang dipecahkan di Lazada 12.12 Grand Year End Sale tahun ini, baik bagi konsumen Indonesia maupun bagi brand dan penjual Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," kata Ferry dalam siaran pers, kemarin (16/12).

Ia menyampaikan, produk yang paling laris yakni busana, kecantikan, dan otomotif. Selain itu, penjualan produk kategori mainan dan game tumbuh lebih dari 20%.

Lazada juga mencatatkan peningkatan transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) menjadi sekitar US$ 21 miliar atau sekitar Rp 302 triliun selama 12 bulan terakhir di Asia Tenggara.

Sedangkan, investor mereka yakni Alibaba Group Holding Ltd. menargetkan GMV Lazada US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.433 triliun. Lazada pun membidik lebih dari 300 juta pengguna. 

Selain Lazada, Shopee mencatatkan peningkatan kunjungan enam kali lipat pada festival belanja 12.12 dibandingkan hari biasa. E-commerce bernuansa oranye ini juga mencatatkan lebih dari 850 juta voucer diklaim.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...