Grab Sediakan Ratusan Motor Listrik untuk Mitra Ojek Online di Solo

Grab menyediakan ratusan motor listrik untuk mitra pengemudi ojek online di Solo. Selain itu, membuat cloud kitchen di Pasar Gede.
Desy Setyowati
23 Desember 2021, 18:01
grab, motor listrik, solo, ojek online
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mitra pengemudi Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur

Grab menyediakan 400 motor listrik untuk mitra pengemudi ojek online di Solo. Ini bertujuan memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Serah terima dilakukan langsung oleh President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Acara ini berbarengan dengan peluncuran program Kota Masa Depan garapan Grab, Emtek, dan Bukalapak. 

“Sejak 2019, kami berfokus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik melalui  komitmen #LangkahHijau di Indonesia,” kata Ridzki dalam keterangan pers, Kamis (23/12).

Grab telah berkomitmen menghadirkan 26 ribu kendaraan listrik di Indonesia hingga 2025. Per Maret, startup jumbo ini mengoperasikan lebih dari 5.000 kendaraan listrik di Tanah Air.

Advertisement

Perusahaan mengklaim mampu menekan emisi karbon hingga 350 ribu ton CO2. Angka ini diperoleh dari perhitungan layanan pengantaran dengan kendaraan listrik.

Terlebih lagi, Solo tengah bertransformasi menjadi kota pintar atau Smart City. “Kami bangga dapat kembali membantu pemerintah kota Surakarta mengembangkan Solo Smart City dengan memanfaatkan teknologi Grab yang inklusif melalui kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon,” katanya.

Decacorn asal Singapura itu juga meluncurkan GrabKitchen Pasar Gede.

GrabKitchen merupakan layanan restoran berbasis komputasi awan atau dikenal dengan istilah cloud kitchen. Konsumen hanya bisa memesan makanan dan minuman secara online.

GrabKitchen memanfaatkan data untuk mengidentifikasi dan memetakan kesenjangan permintaan pelanggan. Data agregat ini kemudian dimanfaatkan untuk memperluas pasar mitra (merchant).

Grab juga menjanjikan bahwa UMKM yang berpartisipasi dapat mengakses rangkaian pelatihan mengenai:

  1. Cara penjualan secara online
  2. Pemasaran dengan memanfaatkan media sosial
  3. Cara meningkatkan kualitas merek dagang dan menu makanan

“Inovasi kendaraan listrik dan konsep cloud kitchen ini selaras dengan misi GrabForGood yang turut serta mengembangkan daerah di Indonesia dan menggunakan teknologi untuk menciptakan dampak berkelanjutan bagi masyarakat,” katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menilai, kehadiran program Kota Masa Depan, motor listrik, dan GrabKitchen merupakan bagian dari momen yang baik di akhir 2021.

“Angka pencapaian vaksinasi sudah tinggi, jumlah kasus harian Covid-19 menurun drastis. Hari ini, alhamdulillah bisa menjadi batu loncatan UMKM naik kelas,” kata 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait