Tren Belanja Kilat, Startup HappyFresh Luncurkan Supermarket Online

E-commerce dengan pengiriman kilat tengah menjadi tren. Startup HappyFresh pun meluncurkan HappyFresh Supermarket dengan pengiriman maksimal 30 menit.
Fahmi Ahmad Burhan
16 Februari 2022, 17:29
HappyFresh, startup, quick commerce, e-commerce,
HappyFresh
HappyFresh

Startup penyedia kebutuhan pokok atau groceries HappyFresh meluncurkan supermarket online, yakni HappyFresh Supermarket. Layanan ini menawarkan pengiriman 30 menit atau dikenal dengan istilah quick commerce

Managing Director HappyFresh Filippo Candrini mengatakan, HappyFresh Supermarket merupakan layanan toko virtual dari ujung ke ujung (end to end). "Ini memungkinkan konsumen mendapatkan produk lebih cepat dengan kualitas produk terseleksi," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2).

Layanan itu menawarkan pengiriman produk maksimal 60 menit. Pengiriman berlangsung sejak Pukul 6 pagi.

Terdapat lebih dari 15 ribu stock-keeping units (SKU) HappyFresh Supermarket, berupa produk segar, kering hingga produk beku. HappyFresh memantau secara ketat suhu setiap produk guna menjaga kualitas.

Advertisement

Namun, layanan e-commerce kilat itu baru tersedia di beberapa wilayah Jakarta. "Ke depan, kami akan memperluas cakupan HappyFresh Supermarket," kata Filippo.

Co-Founder sekaligus Chief Technology Officer (CTO) HappyFresh Fajar A Budiprasetyo mengatakan, layanan itu bertujuan memberikan pengalaman belanja kebutuhan pokok dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, untuk memperluas akses kebutuhan pokok di pasar Asia Tenggara. HappyFresh saat ini hadir di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

HappyFresh mencatatkan pertumbuhan pengguna hingga 300% per bulan tahun lalu. "Faktor utamanya karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," kata Fajar.

Selain itu, layanan quick commerce tengah menjadi tren. Dikutip dari Statista, quick commerce merupakan istilah yang menggambarkan bentuk e-commerce dengan pengiriman pesanan dalam jumlah kecil namun cepat.

Produk di platform quick commerce biasanya harus cepat diantar, seperti bahan makanan segar atau produk-produk rumah tangga.

Sejumlah platform digital di Indonesia memang mulai gencar menyediakan layanan quick commerce. Setidaknya, ada delapan startup yang menghadirkan solusi ini, yaitu:

  1. Tokopedia melalui Tokopedia NOW! Dengan pengiriman maksimal dua jam
  2. Shopee lewat Shopee Express Instant, pengiriman maksimal tiga jam setelah diterima kurir
  3. TaniHub
  4. Sayurbox
  5. Segari
  6. Bananas
  7. Astro yang menyediakan layanan pengiriman kilat 10 menit
  8. HappyFresh Supermarket

"Dengan maraknya pesaing, kami melihatnya positif. Ini akan membantu, karena industri sedang tumbuh, edukasi ke masyarakat yang tadinya hanya sendirian, sekarang ramai," katanya.

Sedangkan HappyFresh mengandalkan kualitas produk dengan harga yang kompetitif untuk bersaing dengan pemain baru.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait