Startup Didukung Grup Djarum, Infokost Diakuisisi Rukita

Desy Setyowati
14 Maret 2022, 13:56
Rukita akuisisi Infokost, rukita, infokost, startup, startup properti, indekos, kos-kosan, grup djarum
Antara
Rukita akuisisi Infokost

Startup properti Rukita mengakuisisi Infokost.Id, yang sebelumnya di bawah naungan perusahaan pembiayaan milik Grup Djarum yakni GDP Venture. Infokost.id juga sempat tutup.

Infokost resmi mengumumkan penutupan dan pemberhentian operasional pada 31 Desember 2020. Startup itu kini diakuisisi Rukita dan kembali menghadirkan situs pencarian indekos sejak Februari lalu.

Infokost.id siap menawarkan lebih dari satu juta kamar dalam listing properti. Selain itu, melayani 50 ribu pemilik indekos.

"Dengan akuisisi ini kami dapat melayani lebih banyak lagi konsumen dan pemilik properti di seluruh Indonesia melalui Infokost.id. Ini merupakan satu dari serangkaian perluasan bisnis yang dilakukan Rukita tahun ini," kata Co-Founder sekaligus Chief Technology Officer Rukita Xu-Zonne Ho dalam keterangan pers, dikutip dari Antara, Senin.

Xu menyampaikan bahwa kemudahan, kenyamanan, dan keamanan menjadi faktor utama para milenial dalam menentukan pilihan indekos.

"Menjawab kebutuhan tersebut, Rukita terus berkomitmen memberikan pelayanan optimal bagi para milenial yang mengidamkan indekos nyaman dan aman melalui penambahan layanan di Infokost.id," katanya.

Konsumen bisa masuk ke situs web infokost.id untuk mencari indekos. Kemudian registrasi dengan memasukkan nomor ponsel.

Setelah itu, dapat melakukan pencarian dan pemesanan atau booking di properti yang berada di daftar Infokost Verified. Setelah mengisi formulir, akan langsung terhubung dengan tim Infokost.id.

Kemudian tim akan meneruskan permintaan kepada pemilik properti.

Pemilik indekos juga bisa bergabung dengan mendaftarkan properti mereka di Infokost.id.

"Ke depan, kami akan terus melakukan pengembangan inovasi dan fitur terbaru di Infokost.id untuk segera menghadirkannya ke masyarakat. Dengan begitu, Infokost.id dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para konsumen dan pemilik indekos," kata Xu.

Rukita memiliki 13 juta pengguna sejak peluncuran pertama pada pertengahan 2019. Perusahaan awalnya menyediakan layanan properti manajemen melalui Brand Rukita.

Kemudian memperluas layanan ke marketing properti melalui RuOptions. Serangkaian inovasi melalui Aplikasi Rukita, Aplikasi Rumanage, Rukita Mods, dan inovasi lainnya dilancarkan secara agresif tahun lalu.

Rukita menarik investor dengan tergabung dalam Surge atau program percepatan dari Sequoia Capital India. Sequoia resmi meluncurkan kohort keenamnya Surge 06.

Program itu diikuti oleh 20 perusahaan startup, salah satunya Rukita. Total pendanaan dari Surge dan para co-investor US$ 60 juta.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...