Dua Tipe iPhone Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp Mulai Oktober

Ada dua tipe iPhone yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai Oktober. Ini karena aplikasi perpesanan itu mengeluarkan kebijakan baru.
Image title
24 Mei 2022, 11:44
whatsapp, apple, iphone,
PXHERE.COM
WhatsApp

WhatsApp akan meningkatkan dukungan pada sistem operasi (OS) milik Apple, menjadi minimal harus iOS 12. Alhasil, dua tipe iPhone yakni iPhone 5 dan iPhone 5C tak lagi bisa  memakai aplikasi percakapan ini.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, WhatsApp akan berhenti mendukung iOS 10 dan iOS 11 mulai 24 Oktober. Ini Artinya, hanya iOS 12 dan versi lebih baru yang dapat mendukung WhatsApp.

"Pengguna yang menggunakan WhatsApp di iOS 10 atau iOS 11 perlu memperbarui OS ke iOS 12 untuk terus menggunakan aplikasi perpesanan ini," demikian dikutip dari Business Insider, Senin (23/5).

WABetaInfo mengungkapkan bahwa pengguna iPhone yang masih mengandalkan iOS 10 dan 11 masih bisa meningkatkan kemampuan OS mereka. Caranya sebagai berikut:

Advertisement
  • Buka menu pengaturan iPhone
  • Masuk ke menu general
  • Masuk ke opsi software update

Dengan begitu, pengguna iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S masih bisa memakai WhatsApp. 

Sayangnya, WhatsApp tidak lagi kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 5C. Ini karena iOS 12 tidak tersedia untuk tipe ponsel tersebut.

Selain iOS, WhatsApp menetapkan minimal sistem operasi untuk Android, yakni harus Android 4.1 atau Jelly Bean.

WhatsApp memang selalu meningkatkan batas minimum sistem operasi baik Android dan iOS. Ini memungkinkan WhatsApp memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang tidak berjalan pada sistem operasi lama. 

"Kami secara berkala meninjau sistem operasi mana yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan," ujar WhatsApp di situs resmi dikutip Katadata.co.id, dua pekan lalu (11/5).

Tahun lalu, WhatsApp secara resmi mengakhiri dukungan untuk ponsel dengan Android 4.0.4 atau lebih lama per awal November tahun lalu

Sejumlah ponsel seperti Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy S3 hingga Galaxy Ace 2 tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp. Kemudian, LG Lucid 2 hingga Best L5 II tidak kompatibel dengan WhatsApp.

WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan di dunia, sebagaimana terlihat pada Databoks di bawah ini:

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait