Transaksi E-Commerce Indonesia Naik 23% Jadi Rp 108,5 T pada Kuartal I

Desy Setyowati
3 Agustus 2022, 15:36
e-commerce, ekonomi digital
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym.
Konsumen melakukan transaksi pembelian dari situs e-commerce menggunakan aplikasi Mobile Banking di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (2/5/2022).

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mencatat, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp 108,54 triliun pada kuartal I. Nilainya melonjak 23% secara tahunan (year on year/yoy).

“Era pandemi corona justru mendorong akselerasi penggunaan teknologi digital,” kata Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam Webinar Digitalisasi sebagai Sarana Pencegahan Korupsi di Jakarta, Rabu (3/8).

Susiwijono mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan momentum yang mendorong adopsi digital oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ada 21 juta konsumen baru layanan digital Indonesia selama Maret 2020 sampai semester I 2021.

Sebanyak 72% di antara konsumen baru layanan digital itu berasal dari rural area.

Sebanyak 98% pedagang online pun menggunakan pembayaran digital.

Peningkatan transaks e-commerce di Indonesia sejalan dengan perkembangan ekonomi internet ASEAN

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...