Benarkah Tokopedia Tutup Bisnis Warung Akhir Bulan Ini?

Warganet menyebutkan bahwa Mitra Tokopedia kemungkinan tutup akhir bulan ini. Bagaimana tanggapan anak usaha GoTo ini?
Lenny Septiani
16 Desember 2022, 07:00
Tokopedia, warung
Tokopedia
Tokopedia telah menggaet 200 ribu pemilik usaha kecil melalui aplikasi terpisah, Mitra Tokopedia.

Beberapa warganet di Twitter mengatakan bahwa Tokopedia akan menutup layanan warung yakni Mitra Tokopedia akhir bulan ini. E-commerce bernuansa hijau ini menegaskan bahwa lini bisnis ini akan tetap melayani pemilik toko, warung, dan pengguna.

VP of New Retail Tokopedia John Hadiwidjaja tidak mengonfirmasi benar tidaknya kabar Mitra Tokopedia bakal tutup akhir bulan ini. Ia hanya menyampaikan bahwa akan terus memberikan kemudahan dan layanan kepada pemilik toko, warung dan pengguna, termasuk layanan produk digital dan grosir.

“Sebagai bagian dari strategi GoTo Group untuk mendorong percepatan kemandirian finansial melalui pertumbuhan sehat dan berkesinambungan, Mitra Tokopedia akan melakukan penyesuaian terhadap bisnisnya,” kata John dalam keterangan pers, Kamis (15/12).

“Itu untuk berfokus dalam menyediakan platform yang dapat memberikan kesempatan kepada para pemilik toko, warung, dan individu guna menambahkan pendapatan mereka dengan berjualan produk-produk digital, serta mempermudah proses belanja kebutuhan toko dan warung,” tambah dia.

“Penyesuaian ini akan berdampak pada area jangkauan layanan grosir,” ujar John.

Namun ada warganet yang mengatakan bahwa Mitra Tokopedia kemungkinan tutup akhir bulan ini.

 

Tokopedia meluncurkan Mitra Tokopedia pada November 2018. Jumlah Mitra atau pemilik warung yang bergabung hampir dua kali lipat selama Agustus 2021 – Agustus 2022 (year on year/yoy). Kenaikan tertinggi di Indonesia Timur.

“Inisiatif kami seperti hiperlokal dengan teknologi geo-tagging guna mendekatkan penjual dan pembeli,” kata CTO Tokopedia Herman Widjaja dalam konferensi pers di Jakarta, pada Agustus (18/8). “Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar.”

Namun strategi hiperlokal Tokopedia bukan hanya melalui Mitra Tokopedia. Beberapa langkah yang dilakukan oleh anak usaha GoTo ini di antaranya:

Strategi hiperlokal Tokopedia
Strategi hiperlokal Tokopedia (Tokopedia)
Strategi hiperlokal Tokopedia
Strategi hiperlokal Tokopedia (Tokopedia)

Sedangkan dampaknya sebagai berikut:

Dampak strategi hiperlokal Tokopedia
Dampak strategi hiperlokal Tokopedia (Tokopedia)
Dampak strategi hiperlokal Tokopedia
Dampak strategi hiperlokal Tokopedia (Tokopedia)

Itu tertuang dalam riset Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) berjudul ‘Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal’.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait