Pemilik Brand Kosmetik Wardah ParagonCorp Suntik Fintech Syariah Alami

Pemilik brand Wardah hingga Make Over, ParagonCorp menyuntik modal startup fintech lending syariah Alami. Keduanya akan bekerja sama.
Lenny Septiani
21 Desember 2022, 11:09
Fintech, syariah, wardah, Alami
Instagram/@alamisharia
Fintech Alami

Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) syariah Alami meraih pendanaan dari Paragon Beneva Investama. Ini merupakan unit investasi dari ParagonCorp yang menaungi brand seperti Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Biodef Labore, Instaperfect, Crystallure, dan Tavi.

Namun besaran pendanaannya tidak disebutkan. Co-founder dan CEO Alami Dima Djani hanya menyampaikan bahwa dana segar ini akan dipakai untuk mengembangkan produk teknologi keuangan.

Selain itu, perusahaan berencana memperluas akses pembiayaan syariah. Alami telah mengucurkan lebih dari Rp 3 triliun untuk mendanai lebih dari 10.000 proyek Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai sektor di Indonesia.

Alami juga merambah bisnis bank digital, setelah mengakuisisi BPRS Cempaka Al Amin tahun lalu. Awal bulan ini, fintech lending syariah itu juga meluncurkan aplikasi mobile banking bernama Bank Hijra.

Alami bersama ParagonCorp akan bekerja sama untuk menciptakan gaya hidup halal bagi pelanggan.

“Investasi dan keunggulan ParagonCorp dalam membangun produk halal membantu Alami terus mendapatkan lebih banyak UKM untuk mengakses pembiayaan berbasis syariah,” kata Dima dalam keterangan pers, dikutip dari Tech in Asia, Rabu (21/12).

Dima mendirikan Alami bersama Harza Sandityo dan Bembi Juniar pada 2018.

Mereka menyasar pasar industri halal US$ 2,2 triliun secara global pada 2019. Pasar ini diperkirakan mencapai US$ 3 triliun pada 2023.

Pada April lalu, Alami meraih fasilitas utang US$ 30 juta atau Rp 431 miliar dari perusahaan asal Inggris Lendable. Dana ini akan digunakan untuk menyalurkan pinjaman kepada UMKM di Indonesia.

Lendable merupakan perusahaan pinjaman asal Inggris yang beroperasi di Afrika dan Asia. 

Pada Oktober, ALAMI meraih pendanaan pra-seri B yang dipimpin oleh East Ventures.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait