Benarkah TikTok Shop Kalahkan Shopee, Lazada dan Tokopedia?

Lenny Septiani
19 Januari 2023, 14:22
TikTok Shop, tiktok, shopee, lazada, tokopedia
TIKTOK
Ilustrasi, cara mengaktifkan TikTok Shop

Transaksi TikTok Shop di Asia Tenggara diperkirakan US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp 66,7 triliun pada 2021, menurut dua sumber The Information. Nilainya lebih kecil ketimbang Shopee dan Lazada, maupun Tokopedia di Indonesia.

“Pengeluaran konsumen (TikTok Shop) di Asia Tenggara naik lebih dari empat kali lipat. GMV menjadi US$ 4,4 miliar,” kata dua sumber The Information, pekan lalu (9/1).

GMV TikTok Shop di Asia Tenggara pada 2021 itu di bawah Shopee US$ 62,5 miliar atau Rp 899 triliun. Rinciannya sebagai berikut:

Lazada juga mencatatkan GMV per September 2021 US$ 21 miliar atau sekitar Rp 302 triliun. Sedangkan konsumen aktif tahunan naik 1,8 kali lipat menjadi 130 juta.

Di Indonesia, Tokopedia juga mencatatkan GTV atau Gross Transaction Value (GTV)  Rp 230 triliun pada 2021. Nilainya naik 46% dibandingkan 2020 atau year on year (yoy).

Tokopedia menargetkan GTV tahun lalu Rp 334 triliun, atau naik 24% dibandingkan 2021. Sedangkan GTV pada 2024 ditargetkan Rp 669 triliun.

Selain itu, berdasarkan survei perusahaan e-logistik Ninja Van, Shopee unggal dalam hal penggunaan fitur siaran langsung atau live streaming di Asia Tenggara. Ini merupakan hasil survei terhadap lebih dari 1.186 pedagang di Asia Tenggara pada November 2022.

“Sekitar 27% responden menggunakan Shopee,” demikian dikutip dari Tech In Asia, Senin (16/1). Rinciannya sebagai berikut:

  1. Shopee 27%
  2. Facebook 25,5%
  3. TikTok 22,5%
  4. Lazada 15%
  5. Instagram 7%
  6. YouTube 3%

Satu dari tiga responden merupakan livesellers atau penjual menggunakan fitur siaran langsung. Mereka menghabiskan hingga enam jam setiap minggu untuk melakukan sesi penjualan.

Bagi pedagang di e-commerce, taktik pemasaran itu dapat mempercepat penjualan. Rata-rata penjual menggunakan dua platform untuk berjualan secara live streaming.

Namun survei tersebut tidak memerinci nilai transaksi dari berjualan secara live streaming di masing-masing platform.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait