TikTok Buat Aplikasi Baru di Singapura untuk Perkuat Bisnis E-Commerce

Fahmi Ahmad Burhan
23 November 2021, 11:12
TikTok, aplikasi, cina, singapura, e-commerce
Unsplash/Solen Feyissa
Ilustrasi tampilan aplikasi TikTok

Induk TikTok, ByteDance gencar mengembangkan lini bisnis perdagangan online atau e-commerce. Perusahaan asal Cina pun meluncurkan aplikasi khusus penjual bernama TikTok Seller.

ByteDance mengembangkan aplikasi tersebut di Singapura. "Aplikasi ini diluncurkan pekan lalu saat pendiri ByteDance Zhang Yiming mengunjungi negara tersebut," kata tiga sumber dikutip dari South China Morning Post, Senin (22/11).

Pedagang dapat mengelola toko digital agar bisa berjualan di platform video pendek TikTok melalui aplikasi tersebut. Ada beberapa fitur yang tersedia, seperti pendaftaran penjual, manajemen produk, manajemen pesanan, pengembalian dana, manajemen promosi, layanan pelanggan, analisis data hingga edukasi penjual.

"Melalui aplikasi tersebut, merek (brand) di TikTok bisa mendapatkan outlet kreatif untuk terhubung secara otentik dengan audiens,” kata perwakilan TikTok.

TikTok merambah layanan e-commerce sejak 2019 melalui fitur TikTok Shop di aplikasi. Influencer dapat mengarahkan pengikut ke akun sponsor. Sedangkan calon konsumen dapat mengeklik tautan yang ada pada profil, lalu diarahkan ke toko online.

Tahun lalu, ByteDance berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce asal Kanada Shopify. Jutaan penjual di Shopify bisa mempromosikan barang dagangan mereka di platform TikTok.

"Kami sangat senang menjadi mitra pertama yang menyambut TikTok ke dunia e-commerce," kata Wakil Presiden Shopify, Satish Kanwar dalam pernyataan resmi dikutip dari Reuters, pada Oktober tahun lalu (27/10/2020).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...