Tiga E-commerce Besar Panen Pengguna dan Transaksi saat Pandemi Corona

Cindy Mutia Annur
30 Maret 2020, 19:38
Jumlah Pengguna & Transaksi Tokopedia-Bukalapak Melonjak Imbas Corona
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Jumlah pengguna dan transaksi platform e-commerce  seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak melonjak selama periode pandemi corona. Produk yang paling banyak dibeli yakni masker kesehatan, hand sanitizer, dan bahan pokok.

Selain produk kesehatan dan sembako, Lazada mencatat penjualan camilan, makanan dan minuman siap saji meningkat. “Kenaikan tidak hanya pada transaksi, tetapi juga jumlah pembuatan akun baru di platform kami,” kata Chief of Customer Experience Lazada Indonesia Ferry Kusnowo kepada Katadata.co.id, Senin (30/3).

Sejalan dengan hal itu, perusahaan berfokus memudahkan pengguna mencari produk yang diinginkan. Selain itu, Lazada memastikan ketersediaan produk.

(Baca: Seperti Tokopedia, E-Commerce Lain Blokir Penjual Nakal di Masa Corona)

Peningkatan transaksi juga terjadi di platform Tokopedia, terutama produk kesehatan dan bahan pokok. “Produk yang paling banyak dicari seperti masker, cairan antiseptic hingga camilan sehat," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...