Beberapa E-Commerce Batasi Pembelian Sembako dan Alat Kesehatan

Cindy Mutia Annur
20 Maret 2020, 01:35
Sembako dan produk Kesehatan Diburu, Sebagian E-Commerce Batasi Pembelian
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara online di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Kebutuhan pokok dan produk kesehatan diburu masyarakat, seiring meningkatnya kasus virus corona menjadi 309 orang per kemarin (19/3). Melihat situasi ini, startup e-commerce seperti Tokopedia, Shoppe dan Bukalapak menjamin harga normal. Sedangkan Blibli dan JakMall membatasi pembelian.

Tokopedia mencatat, transaksi produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di platform meningkat sejak pandemi corona muncul di Indonesia. Produk yang paling banyak dicari yakni masker kesehatan, cairan antiseptik, hand sanitizer hingga camilan sehat.

Perusahaan e-commerce itu pun melihat hal ini sebagai peluang. Tokopedia mengadakan kampanye peduli sehat dan lengkapi persediaan rumah guna memudahkan konsumen mendapatkan produk.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, perusahaan mendorong mitra penjual untuk menjaga ketersediaan produk. “Juga menjaga harga tetap stabil,” kata dia kepada Katadata.co.id, kemarin (19/3).

(Baca: Kemendag akan Cabut Izin Pelapak di E-Commerce yang Jual Gula Mahal)

Salah satu unicorn Tanah Air itu juga menerapkan gratis ongkos kirim dan memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain.

“Dalam menjalankan bisnis, Tokopedia selalu mengikuti aturan yang berlaku. Saat ini, Tokopedia masih berdiskusi dengan berbagai pihak terkait penerapan aturan pembatasan pembelian sembako,” kata dia.

Sedangkan JakMall sudah membatasi pembelian hand sanitizer. Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer Jakmall Reza Aggi Prasetyo juga menjamin harganya normal di tengah pandemi corona.

Lalu, Bukalapak belum membatasi pembelian produk apapun, sama seperti Tokopedia. “Namun, kami bekerja sama dengan para rekanan penyedia barang (supplier) untuk selalu menjaga ketersediaan barang-barang yang dibutuhkan terkait situasi pandemi ini,” kata AVP of Public Policy & Government Relations Bukalapak Bima Laga.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...