Rayakan 10 Tahun, Pesta Diskon Alibaba Dimulai

Redaksi
Oleh Redaksi
20 Oktober 2018, 07:27
CEO Alibaba Group Daniel Zhang
Katadata | Istimewa

Banyak pihak memanfaatkan tanggal cantik untuk berbagai tujuan, termasuk para pelaku di industri retail. Demikian pula dengan Alibaba, raksasa e-commerce dan salah satu perusahaan teknologi terbesar asal Tiongkok itu.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang, kemarin meluncurkan acara 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok. Dia menjanjikan acara tahun ini akan menjadi yang terbesar dari segi skala dan jumlah partisipan.

(Baca juga: Lewat Alibaba, RI Ingin Manggis Saingi Durian Thailand di Tiongkok).

“Tahun ini kami memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung kualitas konsumsi yang stabil,” kata Zhang melalui keterangan resminya, Jumat (19/10). “Evolusi ini juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu, yang berkembang melampaui sekadar e-dagang.”

Untuk mensukseskan pesta belanja online yang akan bertaburan diskon ini, seluruh bisnis yang berada di ekosistem Alibaba akan mendukung secara penuh. Mereka menghadirkan pengalaman belanja bagi ratusan juta konsumen yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi, hiburan, serta pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan.

Menurut Zhang, kali ini ada strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan retail daring (online) dan luring (offline) melalui teknologi. Ini merupakan langkah lanjutan dari konsep 11.11 yang ia cetuskan satu dekade lalu. Pada awalnya, 11.11 atau ‘Single’s Day’ merupakan hari perayaan untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau single di Cina. Zhang kemudian mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

Bila di tengok ke belakang, Festival 11.11 pertama di 2009 meraup tingkat transkasi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Tahun lalu, total GMV melejit hingga US$ 25,3 miliar. Hal ini seiring dengan pengguna internet di Tiongkok yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen  di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.

(Baca juga: Kemendag Kaji Insentif Bagi E-Commerce yang Utamakan Produk Lokal)

Dalam dua tahun terakhir, kata Zhang, konsep new retail telah mempercepat transformasi digital dari bisnis luring. Alibaba berusaha terus menjadi kekuatan pendorong bagi para pedagang dan pelanggan. “Tujuan kami menjadi mitra bisnis nomor satu untuk merek-merek dagang, serta destinasi utama konsumen untuk berbelanja,” ujarnya.

Pada tahun ini, 500 ribu produk akan tersedia untuk pemesanan awal atau pre-order melalui Tmall mulai hari ini, 20 Oktober 2018. Para pelanggan dapat menikmati kupon promosi tambahan di Mobile Taobao dan Mobile Tmall. Secara khusus hendak menampilkan beberapa fitur melalui new retail tadi dan program interaktif lainnya.

Festival ini tentu tidak hanya bersentuhan dengan penduduk di Negeri Tembok Raksasa tersebut. Tmall World, AliExpress, dan Lazada akan membawa perayaan 11.11 ke ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Misalnya, Lazada akan menyelenggarakan 11.11 Shopping Festival pertamanya di enam negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Lazada menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan diskon terbesar sepanjang tahun ini di LazMall dan marketplace Lazada.

Di Tiongkok sendiri, akan digelar hiburan bertabur bintang. Peragaan busana koleksi Tmall “See Now, Buy Now” ditayangkan secara langsung di 10 platform, termasuk Taobao, Youku, Weibo, dan Toutiao nanti petang, pukul 18:00. Salah satu puncaknya, nanti akan ada Gala Hitung Mundur pada 10 November di Mercedes Benz Arena, Shanghai, dengan tampilan dari bintang-bintang dunia ternama.

(Baca pula: Shopee dan Lazada Gencar Gelar Pesta Diskon Jelang Akhir Tahun)

Sebelumnya, pesta belanja di tanggal-tanggal cantik juga digelar di dalam negeri pada beberapa bulan lalu. Keriuhan belanja daring itu dimulai dari 9 September (9.9) dan 10 Oktober (10.10). Khusus untuk bulan ini, dua marketplace -Lazada dan Shopee- telah menggelar programnya. Shopee mengadakan 10.10 Festival, sementara Lazada dengan Super Beauty Day. Puncaknya akan digelar saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember  (12.12) mendatang.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...