Konsumen E-Commerce Paling Betah Buka Shopee dan MAPemall
Laporan digital in 2017 Growth Overview menunjukan, rata-rata waktu kunjungan masyarakat Indonesia ke laman e-commerce adalah 4 menit 9 detik. Shopee dan MAPemall dinilai juara menyajikan konten yang membuat konsumen betah berlama-lama.
IPrice menyebut, konsumen Indonesia paling betah berlama-lama mengunjungi situs Shopee, dengan catatan waktu 9 menit 34 detik. Situs lain yang paling lama dikunjungi konsumen adalah MAPemall, rata-rata selama 8 menit 2 detik. Baru kemudian disusul oleh Berrybenka dan Tokopedia, yang rata-rata dikunjungi selama 6 menit 39 detik dan 5 menit 54 detik. Juga Zalora dengan rata-rata kunjungan 5 menit 49 detik.
Adapun, laporan ini mengkaji rata-rata time on site konsumen di 30 situs belanja online. "Hampir semua toko online di Indonesia memiliki time on site yang baik. Rata-rata time on site yang tinggi juga menunjukan ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia," demikian dikutip dari laporan periset IPrice, Indah Mustikasari, Selasa (23/1).
(Baca juga: Mainan Impor untuk Koleksi Pribadi Kini Tak Wajib SNI)
Laporan atas rata-rata waktu kunjungan pengguna biasanya digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang terdapat di dalam sebuah situs. Menurut situs mesin pencari Bing, rata-rata waktu kunjungan website dianggap baik kalau pengguna menghabiskan waktu semenit atau dua menit.
Transaksi e-Commerce Global (2014-2021E)