Lima Cara Perusahaan Ritel, Kuliner, Busana Dorong Penjualan Online

Fahmi Ahmad Burhan
20 April 2021, 14:46
Lima Cara Perusahaan Ritel, Kuliner, Busana Dorong Penjualan Online
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Perusahaan besar hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih ke digital saat pandemi corona. Di tengah ketatnya persaingan berjualan online, Hypermart, Es Teler 77, dan Geulis menjalankan setidaknya lima cara untuk mendongkrak penjualan.

Pertama, menerapkan pendekatan omni-channel yakni mengintegrasikan banyak kanal, termasuk online dan offline. Perusahaan ritel Hypermart mencatat, konsumen beralih ke berbelanja online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama pandemi corona.

Oleh karena itu, Hypermart juga beralih. “Sekarang, fokus penetrasi lewat digital. Menggunakan berbagai channel untuk meramaikan belanja," kata Head of Marketing and Promotion Hypermart Martius dalam diskusi virtual ShopeePay Talk, Selasa (20/4).

Perusahaan menggaet berbagai ekosistem digital seperti Shoppe untuk membuat toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo hingga Hyfresh.

Kedua, maksimalkan interaksi dengan pelanggan. Tujuannya, mendapatkan engagement dari pelanggan terhadap berbagai platform baru yang sudah dibuat. 

Dalam hal ini, Hypermart mengembangkan layanan aplikasi Chat & Shop melalui WhatsApp selama pandemi Covid-19. Perusahaan juga memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk membuat siaran langsung (live streaming). 

Beberapa acara yang digelar live streaming yakni Hypermart Cooking Club. Perusahaan mengundang koki untuk memberikan tutorial memasak, menggunakan produk yang ada di Hypermart.

"Daya tariknya tinggi. Jadi kami merambah live streaming untuk produk lain seperti kesehatan dan kecantikan," kata Martius.

Ketiga, memanfaatkan promosi. Berdasarkan survei MarkPlus terhadap 500 responden selama Juli-September tahun lalu, promosi menjadi salah satu alasan konsumen berkunjung ke platform digital seperti e-commerce dan bertransaksi.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...