Lazada Tutup Impor Produk Tekstil, Kuliner, dan Kerajinan

Desy Setyowati
5 Agustus 2021, 11:35
lazada, impor, umkm, barang impor
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Acara Lazada Super Par7y di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kota Tangerang, Selasa (26/3/2019).

Lazada menutup keran impor untuk tiga kategori produk yakni tekstil dan fashion, kuliner, serta kerajinan. Ini bertujuan menggaet lebih banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Head of Public Policy & Government Affairs Lazada Indonesia Waizly Darwin berharap, upaya tersebut meningkatkan kesempatan bagi UMKM untuk sukses berbisnis secara online. “Langkah pertama, dengan melindungi dan memberdayakan UMKM,” katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (5/8).

Oleh karena itu, e-commerce bernuansa biru tersebut menutup impor tiga kategori produk. “Ini sudah dilakukan Lazada secara berkala sepanjang pandemi corona,” ujar Waizly.

Perusahaan asal Singapura itu memantau dan mengkaji secara berkala setiap kategori produk yang ada di platform. Selain itu, meninjau keseluruhan klaster yang ada di industri utama pemerintah.

Wailzy menyampaikan, inisiatif penutupan akses impor itu juga merupakan bagian dari upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional. Lazada berharap langkah ini dapat mendorong pertumbuhan bisnis UMKM.

“Kami percaya bahwa UMKM di Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam hal sumber daya dan kreativitas,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...