Jokowi: 19 juta UMKM di Indonesia Sudah Merambah E-Commerce

Lenny Septiani
16 Agustus 2022, 13:21
jokowi, umkm, e-commerce
Humas Kementerian Pertanian
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menerima penghargaan dari International Rice Research Instititute (IRRI), Minggu (14/8/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, 19 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia merambah ekosistem digital, termasuk e-commerce. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM go-digital per 2024.

Advertisement

“Sebanyak 19 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR/DPR dan Pidato Kenegaraan Presiden, Selasa (16/8).

Jumlah UMKM yang merambah e-commerce bisa jadi lebih dari 19 juta. Sebab, Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) mencatat bahwa jumlahnya sekitar 19 juta pada April lalu (4/4).

"Secara total sekarang sekitar 19 juta UMKM,” kata Ketua Umum idEA Bima Laga di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (4/4).

Untuk mencapai target pemerintah 30 juta UMKM, berarti tersisa 11 juta pelaku usaha yang harus go-digital. “Kami optimistis dengan peningkatan, penguatan produk dalam negeri, target itu bisa dicapai," tambah Bima.

IdEA mencatat, sebanyak 9,9 juta UMKM bergabung ke platform digital saat pandemi corona atau sejak Mei 2020 hingga Februari 2022. Utamanya, setelah pemerintah menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Menurutnya, usaha mendigitalisasi UMKM tak cukup hanya beralih ke platform online. Mereka perlu dibantu untuk meningkatkan transaksi.

Ia menilai, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat membantu UMKM. Tahun lalu, e-commerce bersama pemerintah pun mengadakan program stimulus berupa subsidi belanja setelah mencapai nominal tertentu.

"Program seperti ini akan terus kami sarankan supaya penguatan produk dalam negeri, secara pembelian, bisa dirasakan dampaknya oleh UMKM," kata Bima.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement