TikTok Shop Targetkan Transaksi Naik 4 Kali Lipat Jadi Rp 298 Triliun

Desy Setyowati
8 Juni 2023, 14:49
TikTok, Shopee,
Unsplash
TikTok

TikTok Shop dikabarkan menargetkan transaksi naik empat kali lipat lebih menjadi US$ 20 miliar atau sekitar Rp 298 triliun tahun ini. Perusahaan asal Cina ini mengandalkan pertumbuhan bisnis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Nilai transaksi bruto atau GMV TikTok Shop tahun lalu disebut-sebut US$ 4,4 miliar. “Perusahaan bertaruh di pasar seperti Indonesia,” demikian kata beberapa sumber Bloomberg yang mengetahui masalah itu, dikutip dari Reuters, Kamis (8/6).

GMV TikTok Shop tersebut jauh di bawah Shopee  US$ 73,5 miliar sepanjang tahun lalu dan Lazada US$ 21 miliar per September 2021.

Meski GMV masih jauh di bawah Shopee dan Lazada, TikTok berhasil menggaet pengguna lewat konten video pendek. Platform asal Cina menggaet 135 juta pengguna di Asia Tenggara per Mei, menurut data perusahaan riset pasar Insider Intelligence.

Indonesia menjadi pasar terbesar kedua setelah Amerika Serikat, menurut Statista. Jumlah pengguna TikTok di Tanah Air 113 juta.

“Pembelian impulsif dari menonton konten adalah keuntungan yang dimiliki oleh TikTok,” kata Kepala Penelitian Sektor Telekomunikasi dan Internet di DBS Bank Sachin Mittal dikutip dari CNBC Internasional, dua pekan lalu (26/5). “Shopee dapat kehilangan sebagian pangsa pasar, tetapi Lazada tidak bisa.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...