Disebut Kaji Suntik Tokopedia, TikTok Kini Urus Izin E-commerce

Desy Setyowati
29 November 2023, 06:15
TikTok, TikTok shop, tokopedis, goto, gojek,
Katadata
TikTok

TikTok disebut sedang mengurus izin menyediakan layanan e-commerce di Indonesia. Perusahaan asal Cina ini juga dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia.

"Intinya kemarin itu TikTok belum patuh. Belum punya izin. Sekarang mereka sedang urus," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat ditemui seusai pembukaan inabuyer EV Expo 2023, di Jakarta, Selasa (28/11).

Advertisement

Setelah mengurus perizinan e-commerce, menurut dia TikTok bisa bekerja sama dengan perusahaan lokal, termasuk Tokopedia. Asalkan, sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku di Indonesia.

"Kalau TikTok sudah urus perizinan, mau kolaborasi atau apapun, yang penting sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku, silahkan saja," ujar Jerry.

"TikTok sekarang berusaha memenuhi kepatuhan dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Kalau mereka sudah memenuhi, ya silakan saja (menggaet e-commerce lokal), selama dia menjalankan fungsinya dengan betul dan mematuhi peraturan-peraturan sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023," Jerry menambahkan.

Namun Pemerintah akan membahas lebih teknis jika TikTok ternyata benar menyuntik GoTo Gojek Tokopedia dan membuat perusahaan patungan alias joint venture..

Ia mengingatkan, TikTok tidak boleh melanggar peraturan jika ingin kembali beroperasi di Indonesia sebagai e-commerce.

"Dan tentunya ada keberpihakan kepada UMKM. Kenapa? Sebab semangat dari semua ini yakni kami melindungi, memproteksi, dan ada afirmasi keberpihakan yang konkret kepada pelaku UMKM," kata Jerry.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement