Lampu Hijau TikTok Suntik GoTo Gojek Tokopedia dari 4 Kementerian

Desy Setyowati
1 Desember 2023, 06:32
TikTok Shop. tiktok, goto, tokopedia,
Katadata
TikTok Shop

TikTok Shop dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam rangka kembali ke pasar Indonesia. Empat kementerian tidak mempermasalahkan hal ini.

Sumber Bloomberg menyampaikan pekan lalu (22/11), bahwa TikTok sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi pada GoTo Gojek Tokopedia lewat pembentukan perusahaan patungan alias joint venture. "Dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan," ujar sumber.

Advertisement

"Daripada melakukan investasi langsung, kesepakatan tersebut dapat berbentuk usaha patungan alias joint venture antara kedua perusahaan," kata salah satu sumber.

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada TikTok dan Tokopedia. Namun belum ada tanggapan.

Setidaknya ada empat kementerian yang tidak mempermasalahkan jika TikTok kembali ke pasar Indonesia lewat investasi ke GoTo Gojek Tokopedia. Mereka di antaranya:

1. Kominfo

Menteri Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan kolaborasi yang bersifat Business-to-Business alias B2B dan tidak melanggar aturan harus didukung, terutama untuk membesarkan ekonomi digital negara.

"Yang pasti masyarakat sebagai konsumen dan negara harus diuntungkan, karena seharusnya barang impor berkurang. UMKM bisa dilindungi," kata Budi di Jakarta, Kamis malam (30/11).

Namun sepengetahuannya, TikTok Shop belum mengajukan izin e-commerce. Oleh karena itu, ia belum bisa memastikan terkait wacana kembalinya social commerce asal Cina ini ke Indonesia.

Meski begitu, ia mendukung apabila kolaborasi bisa terjalin antara TikTok Shop dan e-commerce dalam negeri seperti Tokopedia. “Ekosistem digital Indonesia harus sehat. Kerja sama B2B tidak masalah," katanya.

2. Kemendag

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mempersilakan TikTok Shop beroperasi lagi di Indonesia. Namun dengan catatan, mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

“Kami tidak anti-asing. Yang penting ditata harus bisa mendukung UMKM agar bisa memperluas pasar bahkan sampai ke internasional, ekspor. Kalau itu tidak apa-apa. Kan sama-sama menguntungkan,” kata Zulkifli pada Rabu (29/11).

Hal senada disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. "Kalau TikTok sudah urus perizinan, mau kolaborasi atau apapun, yang penting sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku, silahkan saja," ujarnya usai pembukaan inabuyer EV Expo 2023, di Jakarta, Selasa (28/11).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement