Transaksi TikTok Shop Diramal Rp 528 Triliun, Porsi Indonesia Terbesar Kedua

Desy Setyowati
7 Januari 2025, 10:56
TikTok Shop Tokopedia,
Katadata/Desy Setyowati
TikTok Shop Tokopedia
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Transaksi atau GMV TikTok Shop diperkirakan US$ 32,6 miliar atau Rp 528 triliun (kurs Rp 16.180 per US$), menurut riset firma analisis data perdagangan video Tabcut.com. Pasar Indonesia menjadi penyumbang kedua terbesar.

Rincian negara yang menjadi penyumbang transaksi atau GMV TikTok Shop sebagai berikut:

  1. Amerika Serikat US$ 9 miliar atau tumbuh 650% secara tahunan alias year on year (yoy)
  2. Indonesia US$ 6,198 miliar atau tumbuh 39% yoy
  3. Thailand US$ 5,743 miliar atau tumbuh 101% yoy
  4. Vietnam US$ 4,454 miliar atau tumbuh 157% yoy
  5. Filipina US$ 3,12 miliar atau tumbuh 116% yoy
  6. Malaysia US$ 2,724 miliar atau tumbuh 104% yoy
  7. Inggris US$ 1,548 miliar atau tumbuh 136% yoy
  8. Singapura US$ 391 juta atau tumbuh 403% yoy

Produk yang paling banyak dibeli di TikTok Shop yakni kecantikan dan perawatan diri. “Di Indonesia, 9 dari 10 toko teratas dan 8 dari 10 produk terlaris berasal dari kategori ini,” demikian hasil riset Tabcut.com dikutip dari laporan Momentum Works, Selasa (7/1).

Di Amerika, Key Opinion Leader alias KOL kecantikan menghasilkan 14 dari 20 sesi siaran langsung atau live streaming terlaris. KOL adalah seseorang yang punya pengetahuan maupun kemampuan di bidang tertentu yang pengaruhnya cukup besar.

Dari sisi harga rata-rata produk, Amerika dan Singapura jauh di atas Indonesia. Rinciannya sebagai berikut:

  • Singapura US$ 19,77
  • Amerika US$ 19,64
  • Indonesia US$ 4,98
  • Malaysia US$ 4,64

Tim Momentum Works Insights saat ini bekerja sama dengan tim data Tabcut untuk menghadirkan lebih banyak insights tentang tren TikTok Shop dari sisi kategori produk, penjual, influencer, dan konsumen.

Di Indonesia, TikTok mengambil alih platform Tokopedia dan membentuk layanan baru bernama ShopTokopedia. Pesta diskon 12.12 2024 menjadi peringatan setahun bergabungnya Tokopedia dan TikTok.

TikTok Shop Tokopedia mencatatkan peningkatan pendapatan UMKM yang menjadi mitra, hingga 95%. Keduanya berkolaborasi lewat ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye 'Beli Lokal'.

Menurut riset Tempo Data Science pada 2024, kampanye ‘Beli Lokal’ meningkatkan penjualan UMKM lokal 70%. Tokopedia juga mencatat rata-rata kenaikan jumlah transaksi sejumlah pelaku usaha yang bergabung di kampanye "Beli Lokal" selama tiga bulan pertama mencapai hampir 20 kali lipat.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...